Beranda NEWS MOMENT Pansus 3, Ranperda PUG Dorong kaum Termarjinalkan Berperan Dalam Pembangunan di Trenggalek

Pansus 3, Ranperda PUG Dorong kaum Termarjinalkan Berperan Dalam Pembangunan di Trenggalek

158

TRENGGALEK, bioztv.id – Pembahasan sudah masuk finalisasi, Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang pengarusutamaan gender (PUG) di Kabupaten Trenggalek segera ditetapkan menajdi Perda. Melalui Ranperda ini, kedepannya kaum termarjinalkan akan didorong turut berperan aktif dalam proses perencanaan dan pembangunan.

Mengacu keterangan Ketua Pansus 3 DPRD Trenggalek, Sasaran atau tujuan dibahasnya ranperda pengarusutamaan gender ini agar kedepannya proses pembangunan di Trenggalek bisa berpihak pada gender, anak, dan kaum termarjinalkan. Sehingga sejak proses perencanaan pembangunan mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga tingkat kabupaten, para perempuan, anak, disabilitas, fakir miskin, dan kelompok rentan lainnya harus ikut terlibat secara langsung.

Lebih lanjut Ketua Pansus 3 DPRD Trenggalek, Mugianto menyampaikan, Melalui ranperda pengarusutamaan gender ini, pemerintah memberi peluang atau kesempatan bagi kaum termarjinalkan untuk ber[eran aktif dalam proses pembangunan. Saat ini ranperd aitu sudah masuk tahap finalisasi, sehingga dalam waktu dekat bisa segera ditetapkan menjadi peraturan daerah atau perda.

Sekedar diketahui bahwa, pengarusutamaan Gender merupakan upaya untuk mengintegrasikan perspektif gender ke dalam proses perencanan dan penganggaran. Hal ini dilakukan dengan cara penelaahan dampak dari suatu belanja kegiatan serta efeknya terhadap keadilan dan kesetaraan gender. Sementara itu beberapa contoh inovasi dalam sarana dan prasarana responsive gender ini antara lain, penyediaan ruang Laktasi, daycare, Toilet terpisah antara laki-laki dan perempuan, tempat wudhu terpisah untuk laki-laki dan perempuan, Jalur dan lift ramah disabilitas, ruang ramah anak dan lainnya.