Beranda NEWS MOMENT Semangat Gotong Royong Pandowo Dimasa Pandemi, Swadaya Santunan & Bangun Akses Pemakaman

Semangat Gotong Royong Pandowo Dimasa Pandemi, Swadaya Santunan & Bangun Akses Pemakaman

377

TRENGGALEK, bioztv.id – Semangat kepedulian dimasa Pandemi Covid-19, paguyuban masyarakat Dusun Kedungdowo (Pandowo) Desa Bendoagung, Kecamatan Kampak, Trenggalek, Bangun sendiri infrastruktur jalan menuju Tempat Pemakaman Umum didaerahnya. Selain itu, mereka juga rutin berikan santunan terhadap warga yang berduka.

Seperti inilah salah satu kegiatan rutin Pandowo, semangat gotong royong dan kebersaman menjadi modal utama warga untuk terus bangkit dimasa pandemi ini. Mengingat jalan menuju tempat pemakaman umum dinilai belum layak, bahkan cukup menyulitkan bagi rombongan pengantar jenazah. Berkaca dari hal ini, akhirnya warga Dusun Kedungdowo bahu membahu kerja bakti unutk melebarkan dan membuat saluran dilokasi tersebut.

Menurut Ketua Paguyuban Masyarakat Kedungdowo (Pandowo), Sukamto menyampaikan, Kegiatan kerja bakti pelebaran jalan menuju tempat pemakaman ini tidak hanya satu atau dua kali saja digelar, tapi kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan. Kegiatan ini murni dari swadaya masyarakat, untuk membeli material seperti semen, pasir, batu, dan keperluan lain, warga juga iuran secara sukarela, tanpa ada paksanaan. Kegiatan ini tidakn hanya diikuti oleh laki laki saja, tapi para ibu ibu juga aktif ikut dengan menyiapkan makanan maupun minuman.

Lebih lanjut Ketua Pandowo, Sukamto menambahkan, Selain rutin lakukan kerja bakti di wilayah Dusun Kedungdowo, Pandowo juga rutin berikan santunan kepada warga yang anggota keluarganya meninggal dunia, nominalnya sebesar 500.000 rupiah,. Santunan ini juga bersumber dari hasil iuran rutin warga sebesar 2.000 Rupiah setiap bulan.

Sukamto juga menjelaskan, seluruh warga Dusun Kedungdowo, Desa Bendoagung mendukung kegiatan sosial ini, baik kegiatan kerja bakti, santunan, maupun bentuk kegiatan gotong royong lainnya. Melalui kegiatan sosial dengan modal swadaya ini, warga Dusun Kedungdowo hanya memiliki satu tujuan, yaitu  demi kebaikan lingkungan pada masa yang akan datang.