Beranda NEWS MOMENT Rencana Perubahan APBD 2021, DPRD Trenggalek Minta Anggaran BOS Madin Kembali Dimunculkan

Rencana Perubahan APBD 2021, DPRD Trenggalek Minta Anggaran BOS Madin Kembali Dimunculkan

241

TRENGGALEK, bioztv.id – Rencana perubahan APBD Trenggalek Tahun 2021, badan anggaran (Banggar) DPRD trenggalek minta dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Dindikpora) kembali munculkan anggaran Bantuan Operasional Daerah (Bosda) untuk Madrasah Diniyah (Madin). Pasalnya, pada APBD induk anggaran ini pernah hilang akibat refokusing.

Tindaklanjuti laporan komisi komisi terkait pembahasan KUA PPAS perubahan Tahun 2021 bersama sejumlah OPD mitra, Badan anggaran (banggar) DPRD Trenggalek tekankan rencana perubahan anggaran tetap mengacu pada efisiensi anggaran. Artinya sejumlah kegiatan yang tidak terlalu urgen harus ditunda terlebih dahulu. Sehingga pada pelaksanaan APBD perubahan Tahun 2021 ini, perencanaannya benar benar mengacu pada kegiatan skala prioritas.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam menyampaikan,  Dari hasil evaluasi diketahui bahwa, hingga saat ini serapan APBD Trenggalek baru terserap sebesar 40%. Pada rencana perubahan anggaran ini, DPRD Trenggalek juga menekankan agar anggaran BOSDA MADIN kembali dimunculkan. Pasalnya, anggaran ini menjadi salah satu faktor pendukung penyelenggaraan pendidikan di Pondok Pesantren maupun madrasah Diniyah.

Sebelumnya diketahui bahwa, pada pelaksanaan APBD Trenggalek tahun 2021, Pemerintah daerah lakukan refokusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 sebanyak 3 kali. Akibat refokusing ini sejumlah kegiatan yang sudah direncanakan akhirnya tidak bisa direalisasikan. Salah satunya anggaran BOSDA MADIN yang tidak bisa terealisasikan karena ikut hilang akibat refokusing.