Beranda NEWS MOMENT Tak Kunjung Terlaksana, Komisi 1 Dorong Pemdes Salamrejo Segera Lakukan Pilkades Antar...

Tak Kunjung Terlaksana, Komisi 1 Dorong Pemdes Salamrejo Segera Lakukan Pilkades Antar Waktu

199

TRENGGALEK, bioztv.id – Proses pemilihan kepala desa antar Waktu tak kunjung dilaksanakan, Komisi 1 DPRD Trenggalek dorong Pemerintah Desa (Pemdes) Salamrejo, Kecamatan Karangan segara melaksanakannya. Jika berpotensi adanya polemik, komisi 1 juga menekankan agar pemerintah desa pandai pandai dalam melakukan pendekatan.

Dorongan komisi 1 Trehadap OPD tekhnis dan pihak pemerintah desa Salamrejo untuk lakukan pengisian kepala desa antar waktu ini sudah disampaikan sejak bulan juni lalu, namun hingga saat ini belum juga terlaksana. Sementara itu pada 10 September kemarin, Komisi 1 kembali memanggil pihak terkait, dan kembali mendorong agar Pilkades antar waktu itu segera dilakukan. Pasalnya, meski dengan alasan potensi apapun, penggantian antar waktu terhadap kepala desa Salamrejo itu harus dilakukan.

Ketua Komisi 1 DPRD Trenggalek, Mochamad Husni Tahir Hamid menyampaikan, Pihaknya tetap mendorong agar pelaksanaan musyawarah penggantian antar waktu kepala desa tetap dilakukan. Meski saat ini masih dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), namun kegiatan itu tetap bisa dilakukan. Karena ada mekanisme dan tekhnis yang bisa dilakukan. Ia mencontohkan, jika dalam satu musyawarah tidak boleh lebih dari 50 orang, maka proses musyawarah bisa dipecah menjadi beberapa lokasi sesuai ketentuan.

Sebelumnya diketahui bahwa,  Kepala desa meninggal dunia, DPRD Trenggalek meminta Pemerintah Desa Salamrej, segera lakukan pemilihan kepala desa (Pilkades) antar waktu. Pasalnya, jangka waktu Pilkades Serentak masih cukup lama, sehingga harus ada kepala desa definitif untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut. Pilkades antar waktu ini juga sesuai dengan Permendagri Nomor 65 Tahun 2017. Dimana, apabila kepala desa diberhentikan, baik berhenti  ataupun meninggal dunia, maka harus dilakukan pengisian Kepala desa.