Beranda NEWS MOMENT Dikuliti DPRD Trenggalek, Penyertaan Modal PT.JET Diturunkan Dari 4 M Jadi Kurang...

Dikuliti DPRD Trenggalek, Penyertaan Modal PT.JET Diturunkan Dari 4 M Jadi Kurang Dari 1 M

178

TRENGGALEK, bioztv.id – Sempat diajukan sebesar 4 Miliar Rupiah, Penyertaan modal dan pendirian perusahaan plat merah, Jwalita Energi Trenggalek (PT.JET) akhirnya diturunkan menjadi kurang dari 1 Miliar Rupiah. Penurunan nominal penyertaan modal ini dilakukan OPD Tekhnis setelah dilakukan penyisiran oleh Komisi 2 DPRD Trenggalek.

Mengacu keterangan Ketua Komisi 2 DPRD Trenggalek, pada perencanaan awal, OPD tekhnis mengajukan penyertaan modal dan pendirian PT.JET sebesar 4 Miliar rupiah khusus Cash Money. Artinya jika ditotal dengan aset yang sudah ada, maka nominal yang diminta adalah sebesar 14 Miliar Rupiah. Sementara itu setelah dilakukan penyisiran sesuai kebutuhan pokok pendirian PT.JET, diketahui bahwak kebutuhannya tidak mencapai 1 Miliar Rupiah. Jika Ditotal dengan nilai aset maka tidak sampai 11 Miliar Rupiah.

Lebih lanjut Ketua Komisi 2 DPRD Trenggalek, Pranoto menyampaikan, Dari hasil penyisiran kebutuhan pokok diketahui bahwa kebutuhan modal untuk membeli BBM sebanyak 96.000 liter hanya membutuhkan anggaran sekitar 640 Juta Rupiah. Sedangkan untuk biaya operasional dan pendirian PT.JET membutuhkan anggaran sekitar 128 Juta saja. Artinya jika dijumlah, maka kebutuhan pokoknya tidak sampai 1 Miliar Rupiah.

Pranoto juga menambahkan, Pendirian PT.JET untuk pengelolaan SPBU milik pemerintah daerah ini dilakukan karena sebelumnya pengelolaan SPBU itu dikerjasamakan dengan Koperasi. Sementara itu, sesuai rekomendasi BPK, perusahaan daerah harus berdiri dengan badan hukum sendiri. Sehingga pemerintah daerah mengajukan pendirian PT.JET. Meski pengajuannya sudah cukup lama, namun saat ini proses pendirian PT.JET masih dalam pembahasan lebih lanjut ditingkat pansus.