Beranda NEWS MOMENT Rencana Pemanfaatan Dana Hasil Utang Pemkab Kembali Jadi Pembahasan Hangat DPRD Trenggalek

Rencana Pemanfaatan Dana Hasil Utang Pemkab Kembali Jadi Pembahasan Hangat DPRD Trenggalek

161

TRENGGALEK, bioztv.id – Rencana pemanfaaran anggaran hasil pinjaman daerah pemkab Trenggalek ke PT.SMI kembali jadi pembahasan hangat ungsur pimpinan DPRD dengan fraksi fraksi. Meski ada perubahan dari rencana awal,  wakil rakyat menekankan agar pemanfaatan dana hasil utang itu harus bisa menyentuh kepentingan rakyat.

Berdasarkan informasi yang diterima DPRD Trenggalek, saat ini pemkab Trenggalek sudah memasukkan persyaratan dan proposal pengejuan utang itu ke PT.SMI, namun untuk persetujuan pencairan pinjaman daerah itu, saat ini masih dalam proses peninjauan lebih lanjut. Rencananya dana hasil utang itu akan digunakan untuk pengembangan RSUD, beberapa Puskesmas, hingga pembiayaan pembangunan infrastruktur.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Trenggalek menyampaikan, salah satu pertimbangan dana pinjaman daerah digunakan untuk pengembangan RSUD itu karena saat ini kondisi rumah sakit memerlukan peningkatan fasilitas. Terlebih selama masa pandemi ini, RSUD juga mengalami overload karena kekurangan tempat perawatan bagi pasien. Sementara itu terkait alasan pemanfatan untuk pembiayaan infrastruktur, karena selama masa pandemi 2 tahun ini, rencana pembangunan infrastruktur hasil musrenbang tidak bisa dilaksanakan karena terkendala anggaran yang harus terkoreksi untuk penanganan Covid-19. Sehingga untuk membangun infrastruktur itu harus dianggarkan dari dana hasil pinjaman daerah.

Samsul Anam juga menambahkan, rencananya akan ada 15 titik infrastruktur yang akan dibiayai dari dana hasil pinjaman daerah. Infrastruktur itu didominasi oleh jalan dan jembatan yang kondisinya mengalami kerusakan yang cukup parah dan belum tersentuh pembangunan selama beberapa tahun terakhir. Lokasi pembangunan itu juga tersebar hingga pelosok terdalam Trenggalek.