Beranda NEWS KRIMINAL Rekannya Meninggal, 3 Pelaku Pembalakan Liar Di Trenggalek Dijerat UU Cipta Kerja

Rekannya Meninggal, 3 Pelaku Pembalakan Liar Di Trenggalek Dijerat UU Cipta Kerja

1223

TRENGGALEK, bioztv.id – Satu rekannya meninggal akibat terjatuh saat hendak angkut kayu Sono hasil pembalakan liar di kawasan Perhutani Masuk Desa Sukosari, Kecamatan Trenggalek, 3 Pelaku pembalakan liar akhirnya menyerahkan diri ke Polisi. Akibat kejadian ini ketiganya harus mempertanggung jawabkan perbuatannya dibalik jeruji besi.

Ketiga pelaku pembalakan liar yang mendekam dibalik jeruji besi inia dalah SA (35 Tahun), ST (60 Tahun), dan SP (41 Tahun). Ketiganya merupakan warga Desa Ngulanwetan, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek. Sementara itu korban yang mterpeleset dan meningal dunia itu adalah KD, warga Desa Gembleb, Kecamatan Pogalan. Dari pengakuan para tersangka kepada polisi, mereka baru pertama kali membalak kayu di wilayah hutan milik Perum Perhutani itu. Naas saat pertama kali beraksi, mereka tertimpa masalah.

Menanggapi kejadian ini, KBO Satreskrim Polres Trenggalek Ipda Krisna Dwijaya menjelaskan, ketiga orang itu ditetapkan sebagai tersangka setelah tim penyidik mendalami kasus tersebut. Saat ini, mereka telah ditahan di Mapolres Trenggalek dan menjalani penyidikan lebih lanjut untuk kasus pembalakan liar atau illegal logging. Polisi juga telah mengantongi beberapa alat bukti dari hasil kejahatan mereka. Antara lain, dua unit sepeda motor modifikasi yang dipakai untuk mengangkut kayu dari kawasan hutan, empat kayu gelondongan jenis sono, dan alat pemotong kayu.

Krisna juga menambahkan, akibat kejadian ini, ketiga tersangka dijerat dengan pasal 82 ayat (1) huruf b dan c jo pasal 12 huruf b dan c Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja perubahan atas Undang-undang RI No 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo pasal 55 KUHPidana.Mereka diancam hukuman 5 tahun penjara.