Beranda NEWS MOMENT Perketat Arus Balik Lebaran di Jatim, Puluhan Ribu Kendaraan Akhirnya Putar Balik

Perketat Arus Balik Lebaran di Jatim, Puluhan Ribu Kendaraan Akhirnya Putar Balik

597

TRENGGALEK, bioztv.id – Selama pemberlakukan larangan mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah, puluhan ribu kendaraaan pemudik akhirnya harus putar balik. Pemudik tersebut adalah mereka yang akan masuk ke wilayah Provinsi Jawa Timur maupun kendaraan pemudik yang akan melintas di luar zona aglomerasi.

Mengacu data yang dihimpun Polda Jatim, hingga hari kedua lebaran, sedikitnya ada sekitar 45 ribu kendaraan yang harus putar balik saat sampai di pos penyekatan mudik lebaran. Seperti halnya yang terjadi pada pos penyekatan perbatasan Trenggalek-Ponorogo misalnya,  berbagai kendaraan dari arah Ponorogo maupun Trenggalek yang akan melintas terpaksa harus putar balik,  karena tidak bisa menjukkan surat tugas maupun surat bebas covid-19 . 

Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman mengatakan ,  selama masa larangan mudik,  polda jatim masih terus melakukan upaya penyekatan terhadap masyarakat yang hendak mudik atau berkunjung ke luar daerah aglomerasi.  Hingga saat ini sudah lebih dari 250 ribu kendaraan yang diperiksa,  Mereka yang terbukti melanggar aturan dan tidak  taat terhadap kebijakan pemerintah harus putar balik dan tidak bisa melanjutkan perjalanannya. 

Selama musim mudik lebaran ini, Polisi dan instansi terkait juga telah melakukan pemeriksaan swab antigen terhadap 3.000 warga,  hasilnya 21 orang dinyatakan positif . Sementara itu menjelang akhir masa libur lebaran,  jajaran kepolisian juga terus mengintensifkan pengawasan bagi para wisatawan. Pengawasan itu dilakukan di lokasi wisata maupun jalan raya . Wisatawan hanya boleh berwisata di dalam satu rayon atau wilayah aglomerasi.