Beranda Lifestyle Ditengah Pandemi, Goa Lowo Trenggalek Masih Menjadi Destinasi Wisata Alam Yang Recomended

Ditengah Pandemi, Goa Lowo Trenggalek Masih Menjadi Destinasi Wisata Alam Yang Recomended

537

TRENGGALEK, bioztv.id – Ditengah pandemi Covid-19, Goa Lowo yang ada di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, masih menjadi destinasi wisata alam yang recomended bagi pelancong. Di Goa terpanjang se asia tenggara ini, pengunjung bisa menikmati panorama stalaktit dan stalakmit disepanjang lorong hingga ruang utama Goa.

Objek wisata Goa Lowo yang ada di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo ini, terdiri dari kawasan luar yang berupa lahan parkir,  badan jalan menuju goa,  sarana fasilitas pendukung, dan hutan jati. Kawasan dalam goa lowo terdiri dari jembatan pengunjung,  lampu penerangan,  rest area,  stalaktit dan stalakmit dengan beraneka bentuk yang indah dan menakjubkan.

Goa lowo ini berada pada ketinggian sekitar 200 meter dari permukaan laut dengan struktur lokasi tanah berbatu kapur dan marmer. Dinamakan Goa Lowo, karena didalam goa ini masih dihuni banyak kelelawar. Dalam setiap harinya,  kelelawar ini lakukan aktivitas keluar goa sekitar pukul 17.00, dan baru kembali masuk ke dalam goa saat hari menjelang pagi.

Salah satu pengunjung asal Jember, Aflahul Abidin menerangkan, Goa Lowo ini sangat recomended untuk dikunjungi, selain tempatnya menarik, kondisi didalam goa juga luas dan bagus. Bagi yang suka foto foto juga sangat cocok untuk berwisata disini.

Sementara itu, salah satu Penjaga Goa Lowo, Suyono menyampaikan, Selama pandeei Covid-19 melanda, Goa Lowo sempat ditutup total bagi pengunjung. Destinasi ini baru kembali dibuka sejak sekitar 2 bulan lalu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, juga dilakukan pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50% dari hari hari biasa.

Sekedar diketahui bahwa, Lokasi destinasi wisata alam goa lowo ini searah dengan rute ke Pantai Prigi,  Pantai Karanggongso, Pantai Mutiara, maupun sejumlah destnasi wisata alam lain di Kecamatan Watulimo. Sehingga, untuk menuju ke lokasi wisata ini tidak sulit, dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4 besar, Goa lowo ini memiliki luas sekitar 20 Hektare. Goa ini merupakan goa terluas dan terpanjang di asia tenggara. Panjang Goa ini diperkirakan sekitar 5 hingga 6 kilometer dari mulut gua.