Beranda NEWS MOMENT Bendungan Tugu Hampir 100%, Gubernur Jatim Minta Pemkab Trenggalek Persiapkan Lahan Irigasi

Bendungan Tugu Hampir 100%, Gubernur Jatim Minta Pemkab Trenggalek Persiapkan Lahan Irigasi

1605

TRENGGALEK, bioztv.id – Pembangunan bendungan tugu sudah hampir selesai, Gubernur Jawa Timur meminta Pemkab Trenggalek segera persiapkan calon lahan irigasi. Pasalnya, pada bulan Juni mendatang rencananya sudah mulai dialiri. Sedangkan peresmiannya diperkirakan pada bulan Oktober atau Nopember 2021 mendatang.

Saat lakukan kunjungan di Kabupaten Trenggalek, Gubernur Jawa Timur menerangkan, bahwa ada hal yang bisa memberikan harapan besar bagi warga  Trenggalek. Yaitu bangunan bendungan Tugu yang akan mulai dialiri pada bulan Juni mendatang. Pasalnya, bendungan ini diperkirakan mampu mengairi lahan hingga 1.200 Hektar, artinya, hal ini akan seiring dengan sektor Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Trenggalek, yaitu pertanian, kehutanan, hingga perikanan.

Lebih lanjut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, rencana penentuan lahan irigasi Bendungan Tugu ini harus sudah dipersiapkan sejak musrenbang di kabupaten, kemudian akan ditindak lanjuti di Tingkat Provinsi.  Dari calon lahan irigasi seluas 1200 hektare itu, Gubernur meminta agar ditentukan area mana saja yang existing, dan area mana saja yang bisa diinisiasi sebagai area baru.

Gubernur juga menambahkan, dari hasil korrdinasi dengan kementerian, diperkirakan pada bulan Oktober atau bulan Nopember 2021 ini Bangunan Bendungan Tugu sudah bisa diresmikan. Pasalnya, saat ini proses pembangunannya sudah mencapai sekitar 80%.