Beranda NEWS MOMENT Wujudkan 100 Desa Wisata Di Trenggalek, Bupati Minta Satu OPD Adopsi Satu...

Wujudkan 100 Desa Wisata Di Trenggalek, Bupati Minta Satu OPD Adopsi Satu Desa Wisata

553

TRENGGALEK, bioztv.id – Dorong terwujudnya 100 Desa Wisata selama 3 tahun kedepan, Bupati Trenggalek siapkan terobosan satu organisasi perangkat daerah (OPD) adopsi satu desa wisata. Konsepnya sesuai dengan tupoksi masing masing OPD, namun di create dan dieksekusi secara berestetika serta memenuhi kaidah-kaidah kepariwisataan.

Sesuai janji kampanye yang tertuang dalam program program kerjanya kedepan, Bupati Trenggalek menargetkan pertumbuhan 100 Desa Wisata selama 3 tahun kedepan, sehingga dalam setiap tahunnya harus ada lebih dari 30 desa wisata baru. Untuk mendorong pertumbuhan desa wisata itu, Bupati mendorong agar setiap OPD bisa mengadopsi satu Desa Wisata. Jika di Trenggalek ada 30 OPD, maka dalam setiap tahunnya akan ada 30 desa wisata yang bisa diadopsi.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin atau Mas Ipin  menjelaskan, konsepnya adopsi desa wisata ini nanti akan disesuaikan dengan tupoksi masing masing OPD. Namun di create dan dieksekusi secara berestetika serta memenuhi kaidah-kaidah kepariwisataan.  Contohnya, kalau Dinas Dukcapil bisa mengusung konsep desa wisata tertib adminduk.  Kemudian bisa juga desa wisata bebas stunting misalnya, karena disana ada kampung keluarga berencanana.  Sedangkan untuk Dinas Pendidikan, bisa mengadopsi desa wisata literasi. Selain itu juga masih banyak kreatifitas-kreatifitas lain yang bisa dikembangkan.

Mas Ipin juga menambahkan, dengan mendorong tumbuhnya desa wisata dan mendorong digitalisasi desa wisata ,maka perekonomian masyarakat dapat bergerak. Dengan ekonomi masyarakat yang tergerak maka akan berdampak pada kemampuan anggaran pemerintah. Terlebih saat kondisi keuangan daerah terbatas akibat Pandemi Covid 19, harus ada ruang kolaborasi antara perangkat daerah dengan masyarakat untuk bisa membangkitkan ekonomi.