Beranda NEWS MOMENT Penanganan Zona Merah Di Kawasan Mataraman, Emil Dardak Sebut Butuh Perhatian Khusus

Penanganan Zona Merah Di Kawasan Mataraman, Emil Dardak Sebut Butuh Perhatian Khusus

260

TRENGGALEK, bioztv.id – Sejumlah Kabupaten/Kota di kawasan Mataraman masuk Zona Merah, Wakil Gubernur Jawa Timur sebut butuh perhatian khusus. Untuk strategi penanganannya, Emil juga mengaku masih akan mencari format yang tepat. Meski demikain ia juga mengapresiasi beberapa langkah yang ditempuh masing-masing daerah.

Mengacu keterangan Wakil Gubernur Jawa Timur, Pihaknya mengakui jika saat ini di wilayah mataraman tren penularan Covid-19 sedang naik, bahkan statusnya menjadi zona merah semua. Beberapa daerah tersebut antara lain Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Ngawi.

Lebih lanjut Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyampaikan, ia turut mengapresiasi beberapa langkah yang ditempuh masing-masing daerah untuk keluar dari zona merah. Misalnya, di Kabupaten Trenggalek dilakukan penutupan seluruh destinasi wisata beberapa kebijakan lain. Ia juga berharap kebijakan itu bisa berjalan maksimal, sehingga kasus Covid-19 yang berpotensi menular lewat pertemuan dan perjalanan bisa dihindari. Meski dmeikian, terkait strategi penanganan Covid-19 di wilayah mataraman, ia mengaku masih akan mencari format yang tepat.

Emil juga menambahkan, terkait perpanjangan pemberlakuuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pihaknya ingin memakai istilah lai,  yaitu kewaspadaan masih harus berlanjut.  karena PPKM ini beda dengan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kalau PSBB hampir sama sekali tidak ada aktivitas kecuali tempat tempat esensial, Sedangkan kalau PPKM bukan sektornya yang diarang, tapi jam dan jumlah berkumpulnya yang dibatasi. Selain PPKM pemerintah daerah juga masih punya perda dan Pergub yang mengatur mengenai Protokol kesehatan dan sanksinya. Sementara itu untuk operasi yustisi denga ataupun tanpa PPKM harus tetap berjalan.