Beranda NEWS MOMENT Antisipasi Bencana Trsunami Di Pesisir Trenggalek BMKG Berikan Bantuan Alat Deteksi Dini

Antisipasi Bencana Trsunami Di Pesisir Trenggalek BMKG Berikan Bantuan Alat Deteksi Dini

459

TRENGGALEK, bioztv.id – Antisipasi terjadinya bencana Tsunami di kawasan Pesisir Kabupaten Trenggalek,  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berikan bantuan alat deteksi dini tsnunami ke Pemerintah daerah. Alat tersbeut akan terpasang di sekitar perairan Pantai Prigi Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek

mengacu keterangan kepala Balai Besar MKG Wilayah III M Taufik Gunawan menyampaikan, Dalam kunjungannya di Trenggalek ini, pihaknya memberikan bantuan alat peringatan dini tsunami berupa sirine kepada pemerintah daerah yang akan di pasang di perairan Pantai Prigi Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo. Nantinya alat itu akan di operasikan oleh BPBD setempat sebagai alat peringatan dini tsunami. Selain memberikan alat deteksi itu, BMKG juga memberikan pelatihan kegiatan penguatan peringatan dini tsunami, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan stakeholder tentang informasi gempa bumi dan tsunami.

Lebih lanjut Taufik Gunawan menjelaskan, dengan menggunakan alat berupa Warning Reseifer System (WRS) ini, dalam waktu 2 menit, BMKG sudah bisa menerima informasi melalui alat itu. sehingga ketepatan alat tersebut akan mempengaruhi tindakan untuk evakuasi.

Perlu diketahui bahwa, saat ini di Kabupaten Trenggalek sudah terdapat 8 alat pendeteksi tsunami yang di pasang di tiga kecamatan, yakni di Kecamatan Watulimo ada 3 unit, dua di pasang di perairan prigi sedangkan satunya terpasang di perairan karanggongso. Sementara di kecamatan Munjungan terpasang di perairan Ngadipuro, Blado, Masaran dan Kecamatan Panggul terpasang di Pantai Konang.