Beranda NEWS MOMENT Tidak Ada TPS di Dalam Rutan, Warga Binaan Rutan Trenggalek Akan Didatangi...

Tidak Ada TPS di Dalam Rutan, Warga Binaan Rutan Trenggalek Akan Didatangi TPS

149

TRENGGALEK, bioztv.id – Tidak ada lagi tempat pemungutan suara (TPS) didalam rumah tahanan (Rutan) Trenggalek seperti pemilihan umum sebelumnya, Sejumlah warga binaan yang ada di dalam rutan akan didatangi TPS. Untuk memfasilitasi hak pilih mereka, rencananya akan ada 2 TPS  dari sekitar rutan yang akan datang ke rutan.

Mengacu keterangan Komisioner KPU Trenggalek, untuk proses pemungutan suara di Rutan Trenggalek, hingga saat ini KPU sudah melakukan injeksi terhadao TPS terdekat, yaitu TPS 9 Desa Ngares. Namun karena dinamisasi yang ada di rutan,  yang kemudian ada pertambahan jumlah penghuni, mengakibatkan adanya beberapa warga binaan rutan ada yang belum masuk dalam daftar pemilih TPS 9.

Salah satu Komisioner KPU Trenggalek, Mohamad Indra Setiawan menyampaikan, untuk memfasilitasi hak pilih penghuni rutan yang abru masuk ini, KPU akan melakukan pengurusan surat pindah memilih atau A5 bagi mereka yang belum terdaftar dalam DPT. karena ada mekanisme yang menyebutkan bahwa surat suara di masing masing TPS tidak boleh bergerak, kemungkinan nanti akan dilakukan mekanisme TPS datang ke rutan, yaitu TPS terdekat seperti halnya TPS 9.

Indra juga menmabahkan, menurut pemetaan KPU Trenggalek selain TPS 9, TPS lain yang derdekatan dengan rutan Trenggalek adalah TPS 3 yang ada di STKIP PGRI Trenggalek. Kemungkinan TPS 3 nantinya juga akan didatatangkan ke rutan untuk memfasilitasi hak pilih warga binaan.