Beranda NEWS MOMENT Pembebasan Lahan Bendungan Bagong Trenggalek Masih Menunggu Keputusan MA

Pembebasan Lahan Bendungan Bagong Trenggalek Masih Menunggu Keputusan MA

333

TRENGGALEK, bioztv.id – Belum tuntas, proses pembebasan lahan bendungan bagong masih menunggu keputusan Mahkamah Agung (MA). Karena, pasca gugatan warga terkait nilai ganti rugi lahan yang dinilai terlalu murah sudah diputudkan Pengadilan Negeri (PN) Trenggalek, pihak badan pertanahan nasional (BPN) dan BBWS ajukan kasasi ke MA.

Berdasarkan keterangan pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Bendungan BBWS Brantas, saat ini pihaknya belum bisa memproses pembebasan lahan, khusunya lahan yang kemarin sempat digugat warga karena masalah nilai dan harga. Karena pada 20 Oktober lalu pengadilan Negeri juga sudah memutuskan gugatan tersebut dengan isi putusan menaikkan 80 persen harga tanah dari harga yang ditetapkan tim appraisal. Sedangkan pihak BBWS dan BPN juga mengajukan kasasi ke MA, maka, untuk proses pembebasan lahan juga harus menunggu keputusan dari MA.

Lebih lanjut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Bendungan BBWS Brantas Deny Bayu Prawesto menyampaikan, nantinya, apapun keputusan MA, pihaknya akan mematuhi dan menjalankan putusan tersebut. Kemungkinan keputusan itu akan turun pada minggu kedua atau minggu ketiga bulan Desember mendatang.

Deny Bayu juga menambahkan, untuk kebutuhan lahan bendungan bagong diperkirakan sekitar 1.200 bidang. Sedangkan untuk tahap awal yang dibutuhkan sebanyak 57 bidang, namun lahan tersebut saat ini masih terkendala proses di MA. Selain itu, saat ini sebenarnya juga masih ada ratusan bidang lagi yang sudah siap. Pihaknya juga sudah koordinasi terkait hal ini dengan BPN agar  segera melanjutkan proses.