Beranda NEWS KRIMINAL Tambak Udang Di Kawasan Pantai Cengkrong Trenggalek Diduga Langgar UU Nomor 32...

Tambak Udang Di Kawasan Pantai Cengkrong Trenggalek Diduga Langgar UU Nomor 32 Tahun 2009

1215

TRENGGALEK, bioztv.id – Selidiki dugaan pelanggaran tambak udang di kawasan Pantai Cengkrong, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Polisi menduga tambak tersebut langgar undang undang tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Saat ini penyidik juga masih terus mengembangkan kasus ini.

Mengacu keterangan kasat reskrim Polres Trenggalek, Dalam kasus ini pihaknya bersama tim gabungan telah melakukan olah TKP dan mengambil sampel tanah untuk dilakukan uji laboratorium.  Dari empat titik di area dalam dan luar tambak, Polisi membawa dua jenis tanah  yakni tanah utuh untuk analisasi sifat fisik dan tanah komposit untuk analisasi sifat fisik, kimia, dan biologi.

Lebih lanjut Kasat Reskrim Polres Trenggalek, AKP Tatar Hernawan menyampaikan, pihaknya menduga keberadaan tambak itu melanghar Undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Luas tambak udang yang diduga merusak ekosistem lingkungan ini mencapai 3 hektar. Meski demikian Polisi tidak melakukan penyegelan terhadap usaha tambak tersebut, karena masih dalam tahap proses penyidikan.

Tatar juga menjelaskan, lokasi tambak udang yang ada di kawasan pesisir Pantai Cengkrong tersebut berada di bibir pantai, sehingga mempunyai potensi besar terhadap pencemaran dan perusakan lingkungan hidup. Terlebih tambak ini juga tersebar di beberapa titik. Bahkan, saat ini sepanjang jalan menuju pantai Cengkrong telah digunakan untuk tambak udang.