Beranda NEWS MOMENT Terdampak Bencana Longsor, Pembukaan Destiansi Wisata Alam Goa Lowo Molor

Terdampak Bencana Longsor, Pembukaan Destiansi Wisata Alam Goa Lowo Molor

832

TRENGGALEK, bioztv.id – Plengsengan sepanjang 25 meter ambrol digerus banjir, pembukaan destinasi wisata alam Goa Lowo yang ada di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur kembali ditunda. Pasalnya, jika belum ada tindak lanjut, ambrolnya plengsengan tersebut dinilai mengganggu dan membahayakan pengunjung.

Menurut keterangan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, rencana pembukaan kembali kawasan wisata alam Goa Lowo awalnya akan dilakukan pada akhir bulan Oktober kemarin, namun karena bertepatan pada akhir oktober ada kejadian plengsengan ambrol, akhirnya pembukaan kembali Goa Lowo belum bisa dilakukan, dan harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto menyampaikan, Jika plengsengan tersebut belum diperbaiki, maka fasilitas kios yang ada disana juga belum bisa dipakai. Karena banyak retakan tanah di sisi kios, dikhawatirkan nantinya akan terjadi longsor susulan. Jika proses perbaikan nantinya terlalu lama, maka  pihaknya akan melakukan kajian keamanan bagi pengunjung.

Sunyoto juga menjelaskan, secara teknis, SOP (Standard Operating Procedure) kegiatan untuk membuka wista sudah di lakukan sosialisasikan ke koordinator kawasan. Jika dalam kajian tempat-tempat di seputaran plesengan masih bisa di pakai dan aman untuk pengunjung, pihaknya akan membuka tempat wisata itu dengan menerapkan anjuran protokol kesehatan COvid-19.