Beranda NEWS MOMENT Seluruh Petugas KPPS Pada Pilkada Trenggalek Tahun 2020 Diwajibkan Rapid Test

Seluruh Petugas KPPS Pada Pilkada Trenggalek Tahun 2020 Diwajibkan Rapid Test

775

TRENGGALEK, bioztv.id – Seluruh petugas Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada pemilihan bupati dan wakil bupati Trenggalek tahun 2020 diwajibkan menjalani rapid test. Rencananya rapid test tersebut akan di fasilitasi oleh KPU dengan melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek.

Tertib protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilahan bupati dan wakil bupati Trenggalek tahun 2020, KPU Trenggalek wajibkan seluruh KPPS menjalani rapid test. Namun anggaran rapid test tersebut tidak akan dibebankan terhadap KPPS dan akan ditanggung oleh KPU Trenggalek. Terkait rencana ini, KPU Trenggalek sudah lakukan kapat koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek dan seluruh Puskesmas se Kabupaten Trenggalek.

Ketua KPU Trenggalek, Gembong Derita Hadi menyampaikan, Sedikitnya akan ada 10.850 petugas KPPS se Kabupaten Trenggalek yang akan menjalani rapid test. Sesuai Perbup yang ada, biaya rapid test tersebut sebesar 150.000 per orang, namun untuk waktu pelaksanaannya masih menunggu juknis dari KPU RI.

Gembong juga menambahkan, pada perekrutan petugas KPPS ini pihaknya tidak merekrut petugas keamanan di masing masing TPS, karena tenaga keamanan tidak masuk dalam juknis yang ada di PKPU. Menurut Gembong, dimungkinkan perekrutan petugas keamanan itu akan menjadi tanggung jawab dari Pemerinrah Daerah.