Beranda Business Manfaatkan Lahan Sempit, Petani Di Trenggalek Adu Ketrampilan Pertanian Organik Vertikultur

Manfaatkan Lahan Sempit, Petani Di Trenggalek Adu Ketrampilan Pertanian Organik Vertikultur

916

TRENGGALEK, bioztv.id – Dorong kreatifitas petani manfaatkan lahan sempit untuk bercocok tanam, Gabungan Kelompok tani (Gapoktan) di Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek lombakan system budidaya pertanian yang dilaksanakan secara vertikal atau bertingkat pada skala indoor maupun outdoor (Vertikultur).

Menurut keterangan ketua pelaksana lomba, Johan Suharjo menyampaikan, kegiatan lomba menanam denagn system vertikultur ini sengaja dilakukan sebagai sarana pelatihan warga Desa Dongko dalam upaya memanfaatkan lahan sempit untuk bercocok tanam. Deangan system tanam ini, dinilai lebih efisiensi dalam penggunaan lahan karena yang ditanam jumlahnya bisa lebih banyak dari pada system konvensional. Selain itu, vertikultur juga bisa menghematan pemakaian pupuk dan dapat dipindahkan dengan mudah karena tanaman diletakkan pada suatu wadah tertentu. Bahkan mempermudah pemeliharaan tanaman.

Sementara itu salah satu peserta, Puryono juga menyampaikan, dirinya mengaku  sangat senang bisa mengikuti perlombaan menanam Vertikultur ini, karena selain bisa mengasah kemampuan dalam bercocok tanam, juga bisa menambah ilmu dalam memanfaatkan lahan sempit yang ada di rumah.

Ketua pelaksana lomba juga menambahkan, pda perlombaan ini yang dinilai adalah hasil akhir penanaman, mereka akan merawat tanaman ini hingga bisa dipasarkan. Sedangkan benihnya seperti, Sawi, Slada, Timun, Cabe dan Buncis, didapat dari bantuan Pemerintah Provinsi. Bagi pemenangnya nantinya akan mendapat hadiah uang untuk pembinaan tanaman. Untuk mendongkrak perekonomian warga, meski tidak dikemas dalam kegiatan perlombaan rencana kedepannya kegiatan menanam seperti ini akan tetap dilakukan