Beranda NEWS Program Trenggalek Satu Data Terkendala SDM, Komisi 1 Sarankan Camat Rekrut Honorer

Program Trenggalek Satu Data Terkendala SDM, Komisi 1 Sarankan Camat Rekrut Honorer

245

TRENGGALEK, bioztv.id – Sejumlah camat dinilai belum siap wujudkan program Trenggalek satu data dengan alasan keterbatasan SDM, Komisi 1 DPRD Trenggalek sarankan para camat rekrut sendiri honorer. Pasalnya, sesuai peraturan yang berlaku, perekrutan tenaga penunjang tersebut diperbolehkan.

Dari hasil hearing antara komisi 1 DPRD Trenggalek nersama dinas Kominfo dan para camat se Kabupaten Trenggalek, dikethui bahwa, salah satu kendala belum siapnya camat menerapkan program Trenggalek satu data ini karena terganjal anggaran dan SDM. Terlebih, mayoritas mereka juga hanya mengandalkan penambahan pegawai dari badan kepegawaian daerah (BKD), sehingga kebutuhan SDM tersbeut tak kunjung terpenuhi.

Ketua Komsii 1 DPRD Trenggalek, Mochamad Husni Tahir Hamid menyampaikan, Sesuai PP Nomor 12 Tahun 2019, OPD yang kekurangan SDM diperbolehkan merekrut tenaga penunjang atau honorer. Sperti halnya yang sudah dilakukan oleh Bappedalitbang Kabupaten Trenggalek.

Perlu diketahui bahwa, salah satu tujuan diwujudkannya Trenggalek satu data ini agar terwujud kesamaan data lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi, sehingga bisa mempermudah masyarakat untuk mendapat informasi yang jelas.  Dengan adanya data yang sama, kesimpangsiuran data antar OPD maupun Instansi juga tidak lagi terjadi.