Beranda NEWS MOMENT Geliat Festival Layang Layang Kreasi Mulai Digandrungi Kalangan Millenial Trenggalek

Geliat Festival Layang Layang Kreasi Mulai Digandrungi Kalangan Millenial Trenggalek

238

TRENGGALEK, bioztv.id – Lestarikan dan gugah minat kalangan millennial terhadap permainan tradisional ditengah modernisasi permainan game online. Sejumlah pemuda yang tergabung dalam karang taruna Desa Parakan Kecamatan Trenggalek gelar Festival layang layang di area persawahan.

Seperti inilah Festival layang layang yang digelar oleh sejumlah pemuda desa Parakan, Ada berbagai jenis layangan yang ikut dalam lomba. Mulai dari naga berekor panjang, kapal laut, halikopter, hingga orang-orangan. Ukurannya pun bervariasi. Ada yang normal, ada juga yang panjangnya mencapai 50 meter.

Menurut Keterangan Salah satu pantitia, Joko Irianto menyampaikan, Ada dua kategori yang diperlombakan, yakni kreasi saja dan kreasi gapangan. Aspek yang dinilai mulai dari motif, rangka, penerbangan, sandaran, dan kerapian.

Sementara itu salah satu peserta, Iwan Prayitno juga menerangkan, Saat mengikuti festival ini, dirinya menerbangkan layang layang berbentuk halikopter dengan tulisan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana Covid-19. Pihaknya mengaku ada alasan sendiri memberi tulisan tersebut. Yaitu karena saat ini musim corona. Jadi maksudnya, BNPB menjadi salah satu badan yang berfokus pada penanganan penyakit Covid-19. Seperti pesawat ini yang turun ke desa-desa untuk menangani Covid-19).

Pada festival layang layang kali ini sedikitnya ada 130 layangan yang berkibar di sore hari itu. Karena lokasi sawah yang luasnya terbatas, penerbagan layangan dilakukan bergantian. Dari ratusan peserta tersebut semuanya berasal dari berbagai daerah yang ada di kabupaten Trenggalek.