Beranda NEWS MOMENT Gandeng Startup, Trenggalek Daerah Pertama Yang Terapkan Lelang Ikan Online Di...

Gandeng Startup, Trenggalek Daerah Pertama Yang Terapkan Lelang Ikan Online Di Jatim

235

TRENGGALEK, bioztv.id – Gandeng startup yang bergerak dalam bidang perikanan, Kabupaten Trenggalek menjadi daerah pertama yang terapkan lelang iklan online. Lounching program ini dilakukan bersamaan dengan diluncurkannya program satu juta nelayan berdaulat di kawasan perairan prigi.

Menurut keterangan Bupati Trenggalek, sistem lelang online ini memanfaatkan teknologi dalam aplikasi yang bergerak di bidang perikanan, yaitu aplikasi fishon. Sistem lelang ikan online ini menjadi yang pertama di Jawa Timur. Melalui aplikasi ini nelayan bisa menjual hasilnya secara fair dengan sistem lelang. Nantinya setiap orang, termasuk tengkulak, bisa tawar menawar harga ikan secara online.

Lebih lanjut Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, diawal peluncuran sistem lelang ikan online ini sedikitnya sudah ada  antara 50 hingga 100 nelayan yang terdaftar dalam aplikasi tersebut. Lelang online ini berlaku untuk hasil tangkap ikan para nelayan yang ternaungi dalam program nelayan berdaulat.   Jika sistem ini sukses, kedepan akan perluas ke wilayah seluruh TPI (tempat pelelangan ikan). Sehingga total akan ada sekitar  8.000-an nelayan yang ter-cover program ini.

Pelaksanaan lelang ikan ini tidak hanya   bermanfaat untuk nelayan saja. Tapi juga bermanfaat bagi pemerintah. Dengan lelang online, pemerintah daerah bisa lebih mudah untuk memungut retribusi lelang dari para nelayan dan pembeli. Diharapkan lelang ikan online ini akan menambah pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor perikanan tangkap.