Beranda NEWS MOMENT Dorong Nelayan Melek Tekhnologi, Mas Ipin Luncurkan Program 1 Juta Nelayan Berdaulat

Dorong Nelayan Melek Tekhnologi, Mas Ipin Luncurkan Program 1 Juta Nelayan Berdaulat

262

TRENGGALEK, bioztv.id – Dorong nelayan melek tekhnologi, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin lounching program satu juta nelayan berdaulat. Ini merupakan program nasional yang digagas kementerian koordinator bidang kemaritiman dan investasi Republik Indonesia.

Program satu juta nelayan berdaulat ini menitikberatkan pada tiga hal yang berhubungan erat dengan kendala para nelayan. Yakni, akses permodalan, penangkapan ikan, dan pemasaran. Program ini juga menggandeng starup yang bergerak di bidang perikanan yaitu fishon.  Dengan teknologi aplikasi itu, para nelayan bisa mendapat akses modal dari mitra aplikator. Modal diberikan dalam bentuk uang elektronik. Melalui aplikasi itu juga diklaim dapat mempermudah para nelayan mencari ikan.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, untuk akses modal, selama ini banyak nelayan di trenggalek yang masih bergantung pada penyedia jasa pinjam informal. Seperti pinjam uang ke tengkulak atau rentenir. Akibatnya,  membuat membuat para nelayan kecil tidak memiliki posisi tawar pada saat menjual hasil tangkap mereka. Namun  dengan diluncurkannya program  ini, diharapkan para nelayan bisa mengatasi permasalahannya tersebut dengan lebih mudah dan aman.

Mas ipin juga berharap, nntinya 10 ribu neyalan di perairan prigi dapat bergabung dalam program ini. Terutama para nelayan kecil dengan kapal ukuran 10 gross ton ke bawah. Ia menyatakan bahwa program ini  juga akan membantu pemerintah untuk memantau kesejahteraan nelayan. Sehingga ke depan,  pemerintah juga bisa membuatkan program yang tepat untuk menyasar  kepada seluruh nelayan Trenggalek.