Beranda NEWS Lahan Tambak Udang Warga di Trenggalek Ada Yang Masih Masuk Peta Lahan...

Lahan Tambak Udang Warga di Trenggalek Ada Yang Masih Masuk Peta Lahan Perhutani ?

181

TRENGGALEK, bioztv.id – Sejumlah tempat usaha tambak udang di Trenggalek yang lokasinya berada di lahan sertifikat hak milik (SHM) milik warga, ternyata ada beberapa yang masih masuk pada peta lahan Perhutani. Kejadian ini diketahui saat pansus 1 DPRD Trenggalek tinjau langsung untuk memastikan kesesuaian perubahan RTRW.

Setelah dilakukan peninjauan langsung kelapangan, lokasi tambak udang di kawasan pesisir selatan Kabupaten Trenggalek, yang merupakan lahan SHM milik warga ini ternyata ada ketidaksinkronan data. Yaitu antara data yang dipegang warga dan data Perhutani masih ada perselisihan. Pasalnya, Sejumlah lokasi tambak yang merdasarkan sertifikat itu milik warga, namun pada Peta Perhutani ternyata masih masuk dalam peta lahan Perhutani.

Menanggapi hal ini, Ketua Pansus 1 DPRD Trenggalek, Sukarudin menyampaikan, tambak tambak yang ada di kawasan pesisir Trenggalek ini rata rata memang berbatasan dengan lahan perhutani. Untuk menindaklanjuti ketidaksinkronan data tersebut pihaknya juga akan berkordinasi dengan pihak terkait, dan akan terus menginventarisir lahan mana saja yang datanya belum sinkron.

Perlu diketahui bahwa, pada pembahasan ranperda perubahan RTRW ini, Pansus 1 DPRD Trenggalek sudah melakukan rapat dengan tim asistensi, termasuk kepala Bappeda Litbang Kabupaten Trenggalek. RTRW Kabupaten Trenggalek ini sebenarnya masih berlaku hingga tahun 2032 mendatang, namun karena kondisinya dinilai sudah tidak sesuai, akhirnya harus segera dirubah. Terlebih saat ini Kabupaten Trenggalek juga menjadi bagian dari sejumlah kegiatan pembangunan nasional, seperti halnya pembangunan pelabuhan niaga di kawasan teluk prigi, dan beberapa pembangunan lainnya.