Beranda NEWS MOMENT Riwayat Pasien 20 Trenggalek, Aktivitas 14 Hari Sebelum Pulang Hanya Pergi Dari...

Riwayat Pasien 20 Trenggalek, Aktivitas 14 Hari Sebelum Pulang Hanya Pergi Dari Kos Ke Pabrik

69

TRENGGALEK, bioztv.id – Pasien positif corona ke 20 di Kabupaten Trenggalek yang merupakan karyawan pabrik karung di Suarabaya, diketahui sebagai salah satu pasien yang sebelumnya sudah tertib protokol kesehatan. Sebelum pulang kampung, yang bersangkutan juga tidak kemana mana kecuali hanya pergi ke pabrik.

Berdasarkan riwayat perjalanannya, pada 9 Juni Pasien 20 pulang kampung dari Surabaya ke Desa Panggul, Kecamatan Panggul dengan mengendarai sepeda motor. Selama perjalananya, yang bersangkutan hanya mampir di Pom Bensin dan Warung yang ada di Kecamatani Dongko. Kemudian langsung menuju rumah dan tinggal di tempat karantina Desa. Selanjutnya setelah menjalani isolasi di rumah karantina Desa selama 7 hari yang bersangkutan meminta isolasi mandiri di rumah.

Juru bicara percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Trenggalek,dr. Murti Rukiyandari menyampaikan, Pada 17 Juni pasien 20 juga menjalani Rapid Tes yang dilakukan oleh Puskesmas Panggul dengan hasil Reaktif. Kemudian pada 18 Juni juga dilakukan pengambilan specimen Swab Test di RSUD dr. Soedomo Trenggalek dan pada 20 juni  hasilnya keluar dan menunjukkan bahwa pasien 20 positif Covid 19. Selanjutnya pada 22 Juni, Pasien 20 dibawa ke tempat isolasi Covid 19 di Asrama BKD untuk dilakukan isolasi sekaligus pemantauan terhadap penyakit yang dideritanya.

Guna mencegah penyebaran di daerah tempat tinggal pasien 20, Tim gugus tugas juga melakukan edukasi dan menerapkan isolasi mandiri di Rumah bagi kontak erat atau OTG Pasien 20, dengan pengawasan secara ketat oleh Satgas Desa Panggul. Selain itu juga menetapkan kawasan displin physical distancing dilokasi sekitar titik isolasi mandiri OTG, serta melakukan edukasi kepada kontak erat dan  warga masyarakat di sekitar untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.