Beranda NEWS MOMENT Persiapkan Pariwisata New Normal, Dinas Pariwisata Trenggalek Simulasikan SOP Di Pantai Prigi

Persiapkan Pariwisata New Normal, Dinas Pariwisata Trenggalek Simulasikan SOP Di Pantai Prigi

87

TRENGGALEK, bioztv.id – Persiapkan rencana pembukaan kembali destinasi wisata menyambut tatanan New Normal, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek simulasikan standart operasional prosedur (SOP) untuk kepariwisataan. Simulasi tersebut dlakukan di kawasan wisata Pantai Prigi Kecamatan Watulimo.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Trenggalek, Untuk mempersiapkan pariwisata New Normal, pihaknya sudah menyusun sejumlah SOP sebagai protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh pengelola destinasi wisata maupun pengunjung objek wisata. SOP tersebut terdiri dari SOP untuk destinasi wisata dalam melayani pengunjung, SOP rumah makan, kios maupun warung di kawasan wisata, SOP Hotel maupun home stay, hingga SOP pemandu wisata dalam melayani tamu.

Lebih lanjut Kepala Dinas Periwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto menyampaikan, Salah satu gambaran untuk SOP masuk destinasi wisata yang disimulasikan di Pantai Prigi ini adalah, untuk kendaraan yang akan masuk ke destinasi wisata harus dilakukan penyemprotan desinfetan, dan pengunjung juga dilakukan check suhu tubuh, pemeriksaan ini dilakukan di check point pintu masuk destinasi wisata. Disitu pengunjung akan diarahkan oleh petugas untuk mematuhi SOP yang ada, seperti meminta pengunjung untuk cuci tangan, memakai masker, hingga menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Nantinya tiket masuk wisata juga berupa tiket virtual, yaitu berupa barcode yang discan menggunakan smart phone, kemudian saat masuk tempat wisata, pengunjung tinggal menunjukkan tiket virtual yang ada di smart phone mereka.  Sementara itu selama melayani pengunjung, petugas juga diwajibkan melengkapi dirinya dengan alat pelindung diri berupa masker, face shield, dan sarung tangan.

Sunyoto juga menambahkan, untuk menyambut new normal ini masih ada banyak rentetan yang harus dilalui, setelah dilakukan simulasi ini nantinya juga akan dilakukan sosialisasi terhadap pengelola wisata maupun pedagang yang ada di kawasan wisata, kemudian juga akan dilakukan uji coba terbatas untuk wisatawan lokal. Setelah dipastikan kesiapannya, dinas pariwisata juga akan melibatkan tim gugus tugas covid-19 Trenggalek untuk menilai kelayakan SOP tersebut. Jika sudah layak, maka PAriwisata New Normal di Kabupaten Trenggalek akan segera diberlakukan.