Beranda NEWS MOMENT Hingga Bulan Juni, Penyerapan Anggaran Penanganan Pandemi Corona Di Trenggalek Kurang Dari...

Hingga Bulan Juni, Penyerapan Anggaran Penanganan Pandemi Corona Di Trenggalek Kurang Dari 40%

65

TRENGGALEK, bioztv.id – Penyerapan anggaran penanggulangan pandemi corona di Kabupaten Trenggalek dinilai masih minim, Pasalnya, hingga pertengahan bulan juni tahun 2020 ini, penyerapannya belum mencapai 40%. Jika memungkinkan, anggaran tersebut rencananya juga akan dialihkan untuk kegiatan lain yang lebih urgent.

Mengacu keterangan Komisi 4 DPRD Trenggalek, Mugianto menyampaikan, Sesuai ketentuan awa, anggaran penanganan pandmei corona ini dianggarkan sebesar 76 Miliar rupiah. Sedangkan dari hasil evaluasi  penggunaan anggaran di masing masing OPD, rata rata penyerapannya memang belum mencapai 40%. Kedepannya, penggunan anggaran tersbeut juga akan dilakuakn efisiesi, sehingga sisa anggarannya bisa dialokasikan ke pos pos lain yang lebih mendesak.

Sementara itu Direktur RSUD Dr.Soedomo Trenggalek menyampaikan, minimnya penyerapan dari RSUD terjadi bukan karena tidak bisa menyerap anggaran, pasalnya, seiring berjalannya proses, pihak RSUD banyak mendapat donasi alat pelindung diri (APD) dari berbagai pihak. Sehingga bisa meminimalisir penggunaan anggaran.

Komisi 4 DPRD Trenggalek juga menambahkan, kondisi penyerapan dari masing masing OPD yang terlibat penanganan penanggulangan pandemic corona rata rata hampir sama seperti yang terjadi di RSDU Dr.Soedomo. Anggaran tersebut diasumsikan jika kondisi kebutuhan APD masih seperti saat awal pandemic, yaitu harga barang yang tinggi dan barang yang langka. Sementara itu saat ini harga APD sudah banyak yang turun harga, dan barangnya juga sudah banyak yang tersedia.