Beranda NEWS MOMENT Karyawan Sarang Burung Walet Surabaya Kembali Sumbang 1 Pasien Positif Corona Di...

Karyawan Sarang Burung Walet Surabaya Kembali Sumbang 1 Pasien Positif Corona Di Trenggalek

61

TRENGGALEK, bioztv.id – Cluster pemudik kambali sumbang 1 Pasien pasien positif corona di Trenggalek, selanjutnya yang bersangkutan disebut sebagai pasien 14 Trenggalek. Pasien ini merupakan warga Kecamatan Panggul, teman kerja sekaligus orang tanpa gejala (OTG) dari Pasien 09 asal Kecamatan Munjungan.

Pasien positif corona ke-14 di Kabupaten Trenggalek ini adalah  Perempuan 18 tahun, asal Desa Ngrambingan, Kecamatan Panggul. yang bersangkutan bekerja di salah satu perusahaan sarang burung walet di Kota Surabaya, tinggal di ruko bersama pasien 09.  Saat pulang ke Trenggalek, yang bersangkutan tidak memiliki gejala, sementara itu saat dilakukan Rapid test pertama hasilnya juga non reaktif, kemudian saat dilakukan rapid test kedua hasilnya menunjukkan reaktif, selanjutnya saat dilakukan swab test, hasilnya juga menunjukkan positif corona.

Juru Bicara Covid 19 Kabupaten Trenggalek, dr.Murti Rukiyandari menyampaikan, Setelah yang bersnagkutan dinyatakan positif covid-19, Gugus Tugas Pemkab Trenggalek langsung mengisolasi Pasien 14 di Asrama BKD guna memantau perkembangan penyakitnya. Pemerintah juga melakukan tracing kepada seluruh kontak erat Pasien 14. Sedikitnya sudah ada 10 OTG yang berkontak erat dengan Pasien 14. Dari seluruh OTG yang dilakukan rapid test hasilnya non reaktif, sementara itu untuk satu OTG belum dilakukan rapid test karena saat dikunjungi petugas tidak ada dirumah.

Tim gugus tugas juga menerapkan isolasi di Rumah bagi OTG pasien 14, dan tetap melakukan tracing terhadap kemungkinan kontak erat pasien 14.  Selain itu juga menetapkan kawasan displin Physical Distancing dilokasi sekitar titik isolasi mandiri OTG, serta menunjuk Camat Panggul sebagai penghubung khusus, yang bertugas memantau kesehatan dan kebutuhan OTG pasien 14 serta bantuan sosial bagi KK yang terdampak penetapan zona disiplin Physical Distancing.