Beranda NEWS OPD Salah Data, Populasi Hewan Di Trenggalek Dilaporkan Mencapai Jutaaan, Ternyata Hanya...

OPD Salah Data, Populasi Hewan Di Trenggalek Dilaporkan Mencapai Jutaaan, Ternyata Hanya Ribuan

66

TRENGGALEK, bioztv.id – Diduga akibat salah data, Populasi berbagai jenis hewan di Kabupaten Trenggalek selama tiga tahun terakhir sempat dilaporkan mencapai jutaan. Mendapat laporan ini, pihak DPRD Trenggalek langsung mempertanyakan kesesuaiannya. Pasalnya data tersebut dinilai tidak sesuai dengan kondisi dilapangan.

Mengacu keterangan Pansus 3 DPRD Trenggalek, pada laporan awal, Dinas pertanian dan pangan Kabupaten Trenggalek menyampaikan bahwa angka populasi berbagai jenis hewan di Kabupaten Trenggalek mencapai 9 Jutaan. Angka ini dinilai sangat tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya, bahkan, pansus 3 juga sempat akan melakukan sidak langsung ke lapangan untuk membuktikannya.

Lebih lanjut  Ketua Pansus 3 DPRD Trenggalek, Mugianto menyampaikan, setelah dilakukan evaluasi ulang, akhirnya diketahui bahwa pihak dinas terkait ada kesalahan dalam proses penghitungannya, angka populasi 9 jutaan tersebut ternyata dihitung dalam kurun waktu 5 tahun, sementara itu data yang harus disampaikan adalah dalam kurun waktu sekitar 3 tahun terakhir saja. Setelah dilakukan evaluasi akhirnya diketahui bahwa, jumlah populasi hewan di Trenggalek hanya ada sekitar 3 ribuan dan 6 ribuan.

Ketua Pansus 3 juga menambahkan, dari data populasi yang disampaikan pasca evaluasi ini dinilai sudah ideal. Sedangkan untuk tindak lanjut kepastian dari laporan populasi tersebut saat ini masih harus menunggu hasil rekomendasi dari pemerintah Provinsi Jawa Timur.