Beranda NEWS MOMENT Ditengah Pandemi Corona, Layanan Antar Adminduk Di Trenggalek Libatkan Ojek Online

Ditengah Pandemi Corona, Layanan Antar Adminduk Di Trenggalek Libatkan Ojek Online

59

TRENGGALEK, bioztv.id – Tetap jalankan layanan ditengah pandemi corona, Pemerintah Kabupaten Trengggalek luncurkan layanan pengiriman dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) dengan jasa pengiriman  ojek online lokal, Sehingga warga yang mengurus adminuk tidak perlu mengambil dokumen yang sudah jadi ke kantor.

Menurut keterangan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, inovasi antar adminduk melalui jasa ojol ini bertujuan agar layanan adminduk ditengah pandemic corona ini bisa tetap berjalan.  Untuk Proses awal pengurusan berkas Adminduk ini dapat dilakukan di kantor desa atau kelurahan masing-masing warga. Kemudian berkas dikirim ke kantor Dispendukcapil oleh petugas desa, setelah jadi,  Adminduk tersebut akan dikirim oleh ojol. Sehingga kini warga tak perlu datang ke Kantor DIspendukcapil.

Sementara itu Kepala Dispendukcapil Kabupaten Trenggalek Suprapti menyampaikan, untuk biaya pengirman berkas ini ditanggung oleh APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Sehingga warga tak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk layanan antar dokumen ini. Sampai saat ini anggaran yang tersedia diperkirakan cukup untuk layanan antar selama sekitar 2 bulan ke depan.

Suprapti juga menambahkan, karena data yang dikirim bersifat penting, pengemudi ojek online terlebih dulu menandatangani berita acara pengiriman. Itu untuk memastikan berkas yang dikirim aman dan terikat secara hukum. Saat ini kantor Dispendukcapil juga masih membuka layanan di kantor. Namun layanan itu khusus pengurusan administrasi kependudukan yang bersifat darurat saja.