Beranda NEWS Sesuaikan Dengan PP Nomor 72 Tahun 2019, Pansus 3 DPRD Trenggalek Bahas...

Sesuaikan Dengan PP Nomor 72 Tahun 2019, Pansus 3 DPRD Trenggalek Bahas Perubahan Perda SOTK

57

TRENGGALEK, bioztv.id – Sesuaikan Perda Nomor 17 tahun 2016 dengan PP Nomor 72 tahun 2019, Pansus 3 DPRD Trenggalek kebut pembahasan perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK). Pada perubahan SOTK tersebut ada instansi yang dipecah, dan ada juga instansi yang dimasukkan dalam induk instansi lainnya.

Pada rancangan peraturan daerah (Ranperda) perubahan SOTK yang dibahas Pansus 3 DPRD Trenggalek ini, ada tiga instansi yang akan mengalami perubahan. Ketiga instansi tersebut yaitu Dinas Peternakan akan dikeluarkan dari induk dinas pertanian dan pangan, sehingga DInas Peternakan akan berdiri sendiri. Kemudian Kantor kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol) akan menjadi badan, dan RSUD Dr.Soedomo Trenggalek akan masuk ke induk Dinas Kesehatan (Dinkes), sehingga RSUD akan menjadi unit dari dinkes.

Ketua Pansus 3 DPRD Trenggalek, Mugianto menyampaikan, untuk menentukan tipe dari dinas yang dipisahkan ini, yakni antara dinas Peternakan, dan Dinas Pertanian masih akan dilakukan penghitungan score terlebih dahulu. Untuk informasi awal diperkirakan dinas Pertanian akan menduduki tipe A, karena score DInas Pertanian sudah lebih dari 9.000, sedangkan untuk dinas Peternakan masih akan dilakukan penghitungan score.

Mugianto juga menambahkan, Nantinya setelah RSUD Dr.Soedomo Trenggalek dimasukkan ke induk Dinas Kesehatan (Dinkes), pertanggung jawaban pengelolaan RSUD harus disampaikan ke Dinkes, karena RSUD akan menjadi lembaga dibawah naungan Dinkes. Sementara itu untuk status dan sistem pengelolaannya,  RSUD Dr.Soedomo masih tetap menjadi BLUD.