Beranda NEWS MOMENT Rapid Test Massal Di Trenggalek Sasar Cluster Keramaian & Cluster Pemudik

Rapid Test Massal Di Trenggalek Sasar Cluster Keramaian & Cluster Pemudik

83

TRENGGALEK, bioztv.id – Cluster keramaian seperti halnya warung dan café yang masih buka dan digunakan untuk nongkrong, akan menjadi sasaran utama rapid test masal yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Selain itu cluster lain seperti pasar, industri hingga tracing cluster pemudik, juga tak akan luput dari sasaran  rapid test ini.

Menurut keterangan Bupati Trenggalek, saat ini pemerintah daerah sudah order sekitar 4.000 alat Rapid Test. Saat ini alat tersebut sebagian sudah datang, dan lainnya masih harus menunggu ketersediaan barang. Ribuan rapid test tersebut rencananya akan digunakan untuk tes masal di beberapa cluster yang dimungkinkan berpotensi menjadi cluster penularan virus corona.

Lebih lanjut Bupati Trenggalek menyampaikan, beberapa cluster yang akan menjadi sasaran awal rapid test adalah cluster keramaian, seperti halnya mereka yang masih suka nongkrong di warung, café, dan tempat nongkronglainnya. Selain itu cluster pasar dan industri juga tak kalah penting untuk di lakukan rapid test. Meski demikian tracing cluster pemudik dari daerah terpapar corona, kahususnya daerah yang sudah melakukan PSBB., juga menjadi cluster yang harus diprioritaskan untuk dilakukan rapid test.

Bupati juga berharap, dengan dilakukannya rapid test masal secara masiv, diharapkan penularan dan penyebaran virus corona di Kabupaten Trenggalek bisa diketahui sejak dini, sehingga bisa segera dilakukan  langkah langkah penanganan sesuai protokol kesehatan yang ada.