Beranda NEWS MOMENT Dikebut, Pembahasan Pasal Demi Pasal Ranperda Perseroda BPR Jwalita Hampir Final

Dikebut, Pembahasan Pasal Demi Pasal Ranperda Perseroda BPR Jwalita Hampir Final

99

TRENGGALEK, bioztv.id – Pansus 2 DPRD Trenggalek bersama tim asistensi pemerintah daerah kebut pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) terkait perubahan BPR Jwalita menjadi Perseroda. Hasilnya, dari 57 Pasal yang ada, sedikitnya saat ini sudah ada 44 Pasal yang tuntas dibahas.

Sejak pembahasannya dimulai pada 11 mei lalu, ranperda perubahan BPR Jwalita menjadi Perseroda ini terus dikebut. Acuan proses perubahan BPR Jwalita menjadi perseroda ini dilakukan dengan merujuk ketentuan yang ada, yaitu sesuai Permendagri 94 tahun 2017 dan PP No.34 Tahun 2017, yang menyebutkan bahwa badan usaha milik daerah (BUMD) wujudnya hanya ada dua, yaitu Perseroda atau Perumda. Smenetara itu saat ini BPT Jwalita wujudnya masih Perseroan Terbatas (PT), sehingga harus dirubah menjadi Perseroda.

Menanggapi hal ini, Ketua Pansus 2 DPRD Trenggalek, Alwi Burhanudin menyampaikan, dari hasil pembahasan kali ini, salah satu yang menonjol adalah terkait pembahasan pasal demi pasal yang mengatur direksi. Pasalnya, penunjukan direksi ini tidak sembarang orang bisa ditunjuk menajdi menduduki jabatan ini, sehingga harus merujuk dan patuh pada Permendagri maupun otoritas jasa keuangan (OJK).

Alwi juga menambahkan, Salah satu perbedaan dari BPR Jwalita sebelum dan sesudah dirubah menjadi Perseroda adalah, kalau sebelum dirubah berupa BUMD PT.BPR Jwalita, sedangkan setelah dirubah akan menjadi PT.BPR Jwalita Perseroda. Selain iti, pada pembahasan kali ini juga akan dilakukan penyesuaian nama PT dari Perseroda BPR Jwalita.