Beranda NEWS MOMENT Pasien Corona Trenggalek Dipicu Pendatang & Riwayat Bepergian, Bupati Ingatkan Jangan Mudik

Pasien Corona Trenggalek Dipicu Pendatang & Riwayat Bepergian, Bupati Ingatkan Jangan Mudik

84

TRENGGALEK, bioztv.id – Kasus positif corona di Trenggalek dipicu pendatang dan riwayat bepergian dari luar kota maupun luar negeri, Bupati Trenggalek kembali meminta warga agar menunda mudik dan tidak melakukan perjalanan dari dan ke daerah dengan kasus positif corona tinggi, khususnya daerah yang saat ini melakukan PSBB.

Menurut keterangan Bupati Trenggalek, berkaca dari kasus pasien 05, yang mengantongi hasil rapid test negatif di perantauan namun  setelah masuk Trenggalek akhirnya justru positif pasca 5 hari  tinggal dirumah. Bupati Trenggalek mengajak seluruh warga gotong royong menjaga daerahnya masing masing hingga tingkat RT, agar seluruh pendatang dan pemudik termonitor, sehingga mereka bisa dipastikan mematuhi protokol kesehatan, seperti halnya melakukan isolasi mandiri, menggunakan masker dan jaga jarak.

Lebih lanjut Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Hingga saat ini belum ada kluster penularan lokal di Trenggalek. Kluster penularan pasien positif corona masih dipicu oleh pendatang dan riwayat bepergian seseorang dari luar daerah maupun luar negeri.  Sehingga bupati kembali ingatkan warga agar tidak mudik selama pandemi corona terjadi.

Bupati juga menambahkan, pihaknya meminta  agar Pos Kamling disetiap RT dihidupkan kembali. Selain itu bupati mengajak masyarakat untuk sedekah informasi terkait dampak corona yang terjadi didaerahnya masing masing. Seperti halnya informasi warga miskin yang belum tercover bantuan sosial, atau informasi sosil lain seputar dampak dari pandemi corona ini.