Beranda NEWS MOMENT Dampak Penanggulangan Covid19, Pemkab Trengalek Koreksi Anggaran 400 Miliar

Dampak Penanggulangan Covid19, Pemkab Trengalek Koreksi Anggaran 400 Miliar

141

TRENGGALEK, bioztv.id – Dampak penanggulangan Corona Virus desease 2019 atau covid-19, Pemerintah Kabupaten Trenggalek akhirnya harus koreksi anggaran pendapatan daerah (APBD) sebesar 400 Miliar rupiah. Anggaran tersebut berasal dari dana bagi hasil, dana alokasi khusus, dana alokasi umum, dan pendapatan asli daerah.

Mengacu hasil rapat  Virtual Bupati dengan sejumlah OPD dan DPRD Trenggalek, diketahui bahwa untuk pendapatan asli daerah pad atahun ini kemungkinan besar akan menurun. Sehingga kemungkinan besar pemerintah daerah membutuhkan anggaran sekitar 320 miliar rupiah. Nilai itu dimungkinkan masih harus ditambah dengan kebutuhan anggaran untuk penanganan pananggulangan pandemi korona yang terjadi saat ini. Untuk rasionalisasi anggaran perjalanan dinas dan belanja daerah dipekirakan bisa menghemat anggaran senilai 43 miliar rupiah. Sedangkan dari anggaran dana hibah ke lembaga-lembaga yang telah dirasionalisasikan, serta belanja kerja plus Silpa tahun lalu tercatat senilai Rp 90 miliar.

Menanggapi hal ini Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Untuk penanggulangan pandemic corona ini, pemerintah daerah butuh dana sekitar 80 miliar rupiah. Dana itu disesuaikan dengan skema terburuk yang bakal terjadi. Meski demikian pihaknya berharap agar dana ini tidak sampai terpakai, dan mudah-mudahan pandemi segera berakhir.

Nur Arifin juga menambahkan, Dengan total APBD senilai Rp 1,9 miliar, Mas Ipin menyebut, keuangan pemkab kini sekadar cukup untuk gaji pegawai, transfer desa, belanja modal, dan penanganan covid-19. Sejumlah proyek pembangunan jalan dan bangunan lainnya harus diundur karena anggaran difokuskan pada penanggulangan pandemic corona. Program-program ini nantinya akan dimasukkan dalam  prioritas anggaran di tahun 2021 mendatang.