Beranda NEWS MOMENT Dampak Corona, Bupati Mulai Distribusikan Kartu Penyangga Ekonomi Hingga Pelosok

Dampak Corona, Bupati Mulai Distribusikan Kartu Penyangga Ekonomi Hingga Pelosok

115

TRENGGALEK, bioztv.id – Ringankan beban masyarakat yang paling terdampak langsung secara sosial ekonomi akibat penerapan pembatasan sosial guna mencegah penyebaran Virus Corona di Kabupaten Trenggalek, Bupati mulai salurkan langsung kartu penyangga ekonomi kepada penerimanya hingga ke pelosok.

Bantuan sosial dari Pemkab Trenggalek terhadap masyarat yang paling terdampak akibat pandemi corona ini berupa 5 Kg beras dan satu kartu penyangga ekonomi. Kartu tersebut berisi saldo 100.000 rupiah, yang bisa digunakan untuk belanja kebutuhan pokok di depo depo yang sudah ditunjuk. Dalam setiap bulannya, kartu tersebut akan otomatis diisi saldo dengan jumlah yang sama oleh pemerintah daerah. Sedangkan penerima kartu penyangga ini juga diluar penerima program BPNT, PKH dan diluar bantuan pemerintah provinsi.

Menanggapi hal ini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Dari hasil peninjauan langsung dilapangan, proses  distribusi kartu penyangga ekonomi di pelosok, seperti halnya di Desa Puyung, Kecamatan Pule, bisa berjalan dengan baik. Kesiapan depo sekaligus sosialisasi kepada masyarakat juga berjalan lancar.  Terlebih pemilik depo juga tidak hanya terpaku menyediakan barang yang ada di deponya saja, melainkan mau memenuhi permintaan kebutuhan masyarakat ditengah himbauan physical distancing.

Perlu diketahui bahwa, Sedikitnya akan ada 5.000 kartu penyangga ekonomi yang akan dibagikan pemerintah daerah kepada warga Trenggalek, kartu penyangga ekonomi ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk meringankan beban bagi warga yang terdampak secara sosial ekonomi akibat pelaksanaan isolasi mandiri, penerapan pembatasan sosial ataupun physical distancing guna mencegah penyebaran Virus Corona.