Beranda NEWS MOMENT Peduli Pandemi Corona, Bupati Trenggalek Gratiskan Pajak & Retribusi Daerah

Peduli Pandemi Corona, Bupati Trenggalek Gratiskan Pajak & Retribusi Daerah

118

TRENGGALEK, bioztv.id – Peduli pandemic Corona Virus Desease 2019 (Covid 19) yang melanda tanah air, Bupati Trenggalek gratiskan pajak dan sejumlah retribusi daerah bagi warganya. Pembebasan ini berlaku sejak bulan April tahun 2020 ini, hingga status kedaruratan bencana akibat corona dicabut oleh pemerintah pusat.

Pembebasan pajak di Kabupaten Trenggalek ini berlaku untuk sektor perhotelan dan restoran. Sementara itu, pembebasan retribusi berlaku untuk sewa lahan serta bangunan pada kios yang dikelola oleh pemerintah daerah. Seperti halnya retribusi untuk warung-warung yang ada di stadion menak sopal, atau sewa lapak yang ada di pasar-pasar tradisional.

Menanggapi hal ini, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyampaikan, pembebasan pajak dan retribusi ini dilakukan pemerintah daerah karena pihaknya menyadari bahwa pandemic covid-19 turut berdampak pada faktor ekonomi di Trenggalek. Sejak wabah corona atau Covid-19 muncul, sektor-sektor ekonomi mengalami perlambatan yang cukup signifikan.

Mochamad Nur Arifin juga menambahkan, Kebijakan menggratiskan pajak dan retribusi yang dilakukannya ini, merupakan salah satu tindak lanjut dari arahan Presiden RI, yaitu, pemerintah daerah diminta memprioritaskan kesehatan masyarakat serta, memberikan program jaring pengaman sosial bagi masyarakat.