Beranda NEWS MOMENT Di Trenggalek, ODP Corona Diberi Saldo Ojol 200.000 & 5.000 Kartu Penyangga...

Di Trenggalek, ODP Corona Diberi Saldo Ojol 200.000 & 5.000 Kartu Penyangga Ekonomi Dibagikan

130

TRENGGALEK, bioztv.id – Antisipasi memburuknya perekonomian warga akibat dampak pandemic corona, Bupati Trenggalek akan berikan kompensasi saldo bagi orang dalam pemantauan (ODP), agar memaksimalkan isolasi diri. Selain itu, ribuan kartu penyangga juga akan dibagikan bagi warga yang perekonomainya terdampak langsung.

Saldo yang akan diberikan kepada mereka yang berstatus ODP tersbeut adalah saldo ojek online (OJOL) Blojek, yang bisa digunakan untuk order kebutuhannya selama menjalani isolasi diri dirumah.  Menurut data yang himpun pemerintah daerah, hingga 1 April 2020, sudah ada 454 ODP di Kabupaten Trenggalek.  Selain itu Pemkab juga meluncurkan 5.000 kartu penyangga ekonomi bagi warga yang paling terdampak secara ekonomi.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjelaskan, Kartu penyangga ekonomi tersebut berbentuk e-money atau uang elektronik. Masing-masing kartu akan diisi saldo Rp 100.000 per bulan, dan bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok di depo depo yang telah disiapkan. Warga pemegang kartu penyangga ini akan menerima saldo hingga tiga bulan kedepan, atau hingga masa pemulihan akibat pandemi Korona.

Bupati Juga menambahkan, Untuk dua program ini, pemkab Trenggalek menggunakan sumber dana gotong royong yang dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Trenggalek. Nilainya lebih dari Rp 600 juta. Langkah Ini dimaksudkan agar memberikan ruang bagi tim anggaran pemda, untuk menyisir anggaran lebih detail serta berkoordinasi dengan desa dan sektor terdampak untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap mengenai mereka yang paling rentan terdampak covid-19 ini.