Beranda NEWS Ketua DPRD Trenggalek Beberkan 3 Hal Yang Harus Segera Dipenuhi Bupati Dalam...

Ketua DPRD Trenggalek Beberkan 3 Hal Yang Harus Segera Dipenuhi Bupati Dalam Waktu Dekat

121

TRENGGALEK, bioztv.id – Ketua DPRD Trenggalek sampaikan 3 hal yang harus segera dipenuhi Bupati Trenggalek dala waktu dekat ini. Ketiga hal tersebut merupakan laporan laporan wajib, yang harus segera dipenuhi dan disampaikan ke pihak terkait, setelah tiga bulan dari berakhirnya tahun anggaran sebelumnya.

Berdasarkan keterangan ketua DPRD Trenggalek, ketiga laporan yang wajib disampaikan oleh bupati tersebut adalah, pertama, Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) bupati yang harus disampaikan ke DPRD. Kedua, Laporan penyelenggaraan pemerintah daerah yang harus disampaikan kepada pemerintah pusat, dan yang ketiga yaitu, Ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (RLPPD) yang haru disampaikan kepada masyarakat.

Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam menjelaskan, Penyampaian LKPJ Bupati DPRD merupakan suatu keniscayaan yang harus dipenuhi dan dilakukan bupati. Pasalnya, sesuai Undang Undang No.23 dan peraturan pemerintah No.13 Tahun 2019, menyebutkan bahwa tiga bulan pasca berakhirnya masa tahun anggaran, bupati wajib menyampaikan LKPJ kepada DPRD.

Samsul juga menyampaikan, Untuk penyampaian nota LKPJ sudah dilakukan bupati pada rapat paripurna yang selenggarakan secara online dengan Video Conference pada 26 maret kemarin. Pada moment tersebut juga dilakukan penyampaian usulan 5 ranperda dari eksekutif, dan 3 ranperda baru dari legislatif.