Beranda NEWS MOMENT Antisipasi Panic Buying Dampak Penerapan Social Distance, Pasar, Toko & Apotek Di...

Antisipasi Panic Buying Dampak Penerapan Social Distance, Pasar, Toko & Apotek Di Trenggalek Disidak

161

TRENGGALEK, bioztv.id – Pastikan selama diberlakukannya social distance, stok kebutuhan bahan pokok tercukupi, sejumlah pasar tradisional, pertokoan, hingga apotek di Kabupaten Trenggalek disidak tim gabungan. Hasilnya, kebutuhan pokok diketahui masih terpenuhi. Meski demikian ada beberapa jenis barang yang saat ini  masih langka.

Antisipasi panic buying di Trenggalek, tim gabungan yang terdiri dari Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Pangan, Kominfo, serta Satuan Polisi Pamong Praja  sisir pasar dan toko modern. Upaya ini dilakukan setelah adanya keputusan sosial distance oleh pemerintah pusat hingga daerah karena wabah virus Corona atau COVID-19 sudah mulai masuk ke Indonesia.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek, Agus Setiyono menerangkan, hasil pantauan tim gabungan tidak mendapati adanya masyarakat yang melakukan pembelian bahan pokok secara besar besaran. Sementara itu untuk harga kebutuhan bahanpokok saat ini masih terbilang stabil meski memang ada beberapa bahan pokok yang sulit untuk didapatkan,  seperti halnya Gula dan kedelai.

Selain sidak ke pasar tradisional dan modern, Agus juga periksa Apotik yang ada di Trenggalek. Sementara untuk alat (alkes) kesehatan seperti masker serta antiseptik masih terbilang langka dan harganyapun juga mengalami kenaikan. Pihaknya juga menghimbau pada masyarakat bahwa jangan terlalu panik dengan fenomena Covid 19 ini, cukup kita waspada dan  kurangi aktivitas diluar rumah.