Beranda NEWS MOMENT Dari Puluhan Ribu IKM Di Trenggalek Hanya Ada Ratusan Yang Sudah Kantongi...

Dari Puluhan Ribu IKM Di Trenggalek Hanya Ada Ratusan Yang Sudah Kantongi Legalitas

308

TRENGGALEK, bioztv.id – Dari puluhan ribu Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Kabpaten Trenggalek, hingga akhir tahun 2019 ini hanya ada ratusan IKM saja yang sudah terdaftar dan mengantongi legalitas. Sementara itu produk lokal ini harus segera bersaing dengan produk dari luar kota yang legalitasnya sudah terpenuhi.

Berdasarkan data yang dihumpun Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek, sejak kurun waktu tahun 2017 hingga akhir tahun 2019 ini, sedikitnya ada 34.007 IKM yang belum mengantongi legalitas usaha, baik dari segi uji nutrisi, sertifikasi halal, merek, hingga BPOM. Sementara itu IKM yang sudah mengantongi legalitas hanya ada 496 IKM saja. Saat ini sejumlah IKM yang belum terdaftar tersebut mayoritas masih berproses mengurus legalitas.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja,  Nanang Budiharto menyampaikan, Terhitung sejak tahun 2017 hingga 2019,  pemerintah daerah  sudah memfasilitasi sebanyak 53 uji nutrisi,  207 sertifikasi label halal dan 127 Merk terdaftar dari sejumlah IKM yang ada di Trenggalek. Untuk mempermudah pengurusan legalitas bagi pelaku IKM ini, pihaknya akan mengusung konsep komunal branding, sehingga legalitasnya bisa digunakan oleh banyak pelaku IKM.

Nanang juga menambahkan, Selain upaya pemerintah,  peran aktif dan komitmen pelaku usaha menjadi salah satu kunci penting dalam memenuhi legalitas produk. Pasalnya bantuan yang diberikan pemerintah sifatnya berjangka dan bergantian agar bisa merata, sehingga pelaku usaha harus pnya komitment untuk berkembang dan melengkapi legalitasnya.