Beranda NEWS MOMENT Dinilai Kurang, Ranperda Pelestarian Budaya Usulan Bupati Dikritisi Fraksi PAS DPRD Trenggalek

Dinilai Kurang, Ranperda Pelestarian Budaya Usulan Bupati Dikritisi Fraksi PAS DPRD Trenggalek

282

TRENGGALEK, bioztv.id – Rancangan peraturan daerah (Ranperda) usulan Bupati Trenggalek terkait pelestarian budaya dikritisi oleh fraksi Persatuan Indonesia Sejahtera (PAS) DPRD Kabupaten Trenggalek. Menurutnya, poin poin ranperda tersebut masih belum lengkap dan harus lebih dipertajam lagi.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan juru bicara fraksi PAS menyebutkan bahwa, pada ranperda pelestarian budaya harus diperjelas jenis jenis budaya yang patut dilestarikan. Pasalnya, jika hal tersebut tidak dijelaskan, dikhawatirkan nantinya kegiatan minum minuman keras pada acara seni budaya juga akan dilindungi.

Sementara itu Pimpinan rapat paripurna, Guswanto menerangkan, Dalam pandangan umumnya fraksi PAS tidak ingin adanya kegiatan kegiatan yang melanggar norma dan hukum menjadi bagian dari budaya yang dilindungi. Seperti halnya minum minuman keras maupaun kegiatan lain yang melanggar hukum.

Guswanto juga menambahkan, Sesuai ranperda yang diusulkan Bupati Trenggalek, Untuk kebudayaan yang akan dilindungi tersebut adalah seni budaya yang memang asli produk lokal yang sudah lama ada, sepertihalnya tradisi budaya nyadaran, longkangan, sembonyo, maupun seni budaya lain khas warga Trenggalek.