Beranda NEWS MOMENT Emil Dardak Maju Pilkada Jatim, Sekda Trenggalek Tekankan Netralitas ASN Seperti Ini

Emil Dardak Maju Pilkada Jatim, Sekda Trenggalek Tekankan Netralitas ASN Seperti Ini

485
BERBAGI

TRENGGALEK- bioztv.id, Meski salah satu pasangan dalam kontestan PILKADA Jatim tahun 2018 ini merupakan Bupati Trenggalek, Sekretaris Daerak (SEKDA) Kabupaten Trenggalek tetap menekankan agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas, Sementara itu jika ada ASN yang terbukti tidak netral, maka sanksi tegas telah menantinya.

Untuk menjaga netralitas ASN saat musim PILKADA, Sekda Kabupaten Trenggalek juga menekankan agar kepala OPD lebih intens dalam mengawasi netralitas ASN dilingkup kerjanya. Sedangkan jika ada ASN yang terbukti tidak netral, Kepala OPD tersebut harus segera menindaknya sesuai tingkat pelanggaran disiplin yang telah dilakukan oknum ASN tersebut.

Lebih lanjut Sekda Kabupaten Trenggalek, Kusprigianto menjelaskan, bahwa ada sanksi bertahap bagi ASN yang terbukti berpihak pada salah satu pasangan calon di Pilkada, sanksi tersebut mulai dari sanksi yang ringan, sedang, hingga sanksi berat sesuai dengan jenis pelanggarannya, Oleh karena itu netralitas ASN saat Pilkada harus lebih dipahami dan dijaga bersama sama.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS atau ASN, ada beberapa sanksi bagi ASN yang melanggar disiplin,  mulai dari teguran lisan, penundaan kenaikan gaji, penurunan pangkat, hingga pemberhentian secara tidak hormat. Sementara itu berdasarkan imbauan Menteri Dalam Negeri terkait penyelenggaraan Pilkada serentak 2018, proses penindakan disiplin ASN bisa lebih dipersingkat. Sehingga ASN yang terbukti tidak netral dalam pilkada bisa langsung diberhentikan sementara setelah menjalani proses pemanggilan dan sidang.