Khawatir Picu Bencana, Pemuda Kaki Gunung Manikoro Tolak Aktivitas Pengeboran

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Puluhan Pemuda Kaki Gunung Manikoro Desa Ngadimulyo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, Gelar Aksi Damai tolak aktivitas pengeboran di kawasan gunung Manikoro. Pasalnya pengeboran tersebut dinilai akan merusak lingkungan, dan dikhawatirkan akan menjadi pemicu bencana yang lebih besar.

Penolakan aktivitas pengeboran di kaki Gunung Manikoro ini berawal saat ada sekolompok pekerja yang membawa peralatan lengkap untuk melakukan pengeboran di kawasan gunung Manikoro sejak 8 November kemarin. Karena khawatir aktivitas pengeboran tersebut bisa merusak lingkungan dan menjadi pemicu bencana, akhirnya pemuda setempat beserta warga mendatangi sekelompok pekerja tersebut, agar mereka tidak melakukan pengeboran di lokasi tersebut.

Salah satu pemuda kaki gunung manikoro, Nur Hadi Menerangkan, bahwa tidak ada sosialisasi ataupun informasi yang masuk ke warga terkait akan adanya aktivitas pengeboran ini, Mengingat kawasan tersebut rawan terjadi bencana longsor, warga setempat memilih menolak aktivitas pengeboran tersebut, karena aktivitas tersebut dinilai bisa menjadi pemicu bencana yang lebih besar lagi.

Sementara itu Feri, yang merupakan pemuda kaki Gunung Manikoro juga menerangkan, Bahwa saat pemuda setempat beserta warga ingin mengetahui alasan pengeboran, para pekerja yang akan melakukan pengeboran tidak bisa memberikan alasan yang pasti, salah satu pekerja menjawab untuk kepentingan penelitian geologi, sementara itu pekerja lainnya mengatakan akan diambil batunya untuk pembangunan bendungan Kampak.

Berdasarkan surat yang ditunjukkan pekerja ke pemuda dan warga setempat, Rencana aktivitas pengeboran di kawasan gunung Manikoro tersebut merupakan salah satu rangkaian dari proses Detail Enginering Design atau D-E-D dari tahapan Rencana pembangunan bendungan Kampak, yang prosesnya masih terus berjalan.

Visits: 1