Beranda NEWS MOMENT Musim Hama Wereng, Petani Trenggalek Sebarkan 16 Bakteri Di Sawahnya

Musim Hama Wereng, Petani Trenggalek Sebarkan 16 Bakteri Di Sawahnya

574

TRENGGALEK – bioz.tv – Wabah serangan hama wereng terhadap tanaman padi di Trenggalek, Membuat petani trenggalek harus lebih waspada dan melakukan perawatan lebih ekstra, Terlebih cuaca yang tak menentu seperti saat ini, membuat penyebaran hama wereng semakin luas.

Untuk mengantisipasi meluasnya  penyebaran hama lebih parah, sejumlah petani trenggalek memilih untuk melakukan penyemprotan pestesida sejak dini terhadap lahan pertanian sebelum dilakukan penanaman, Sedangkan untuk obat semprotnya di fasilitasi oleh dinas Pertanian dan pangan setempat. Dalam hal ini dinas pertanian menghimbau kepada para petani agar menggunakan ppestisida yang tepat untuk memberantas hama, Selain itu dinas pertanian juga menghimbau petani untuk terus berkoordinasi dengan penyuluh petanian setempat apabila tanaman padinya diserang hama wereng.

Sementara itu Sukani salah satu Petani di Desa Karangsoko, Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek Jawa Timur Mengaku, Serangan hama wereng yang melanda tanaman padi ini berakibat terhadap berkurangnya hasil panen petani dari tahun sebelumnya, Sehingga penghasilan petani juga menurun drastis.

Berdasarkan catatan yang ada pada Dinas Pertanian dan Pangan Atau Dispertan Kabupaten Trenggalek, Diketahui  ada 104 hektar luas tanaman Padi Di Trenggalek yang terserang hama wereng. Sedangkan dua hektare diantaranya dinyatakan sudah gagal panen. Dengan dilakukan penyemprotan sebelum   https://youtu.be/xu6xxLY-Iys