Beranda NEWS MOMENT Musim Paceklik, Harga Ikan Laut Di Pesisir Prigi Melonjak

Musim Paceklik, Harga Ikan Laut Di Pesisir Prigi Melonjak

778

TRENGGALEK – bioz.tv – Sepinya hasil tangkapan ikan di kawasan pesisir prigi, berdampak pula terhadap harga ikan yang naik hingga 2 kali lipat dari hari hari biasa. Kondisi ini diketahui sudah terjadi hampir 2 tahun terakhir, akibatnya, Tak jarang para nelayan justru alih profesi selama hasil tagkapan sepi.

Cuaca buruk yang terjadi hampir dua tahun terakhir, diduga mejadi salah satu penyebab minimnya hasil tangkapan ikan para nelayan di pesisir prigi. Sehingga penghasilan nelayan di kawasan ini juga merosot drastis sejak akhir 2015 lalu. Mengingat kondisi hasil tangkapan minim, Tak jarang para nelayan memilih untuk bertani dan melakukan pekerjaan lain demi mencukupi kebutuhan sehari hari.

Salah satu pedagang ikan di pesisir prigi, Mujiati, menerangkan, Semenjak hasil tangkapan ikan sepi, harga ikan laut juga melonjak naik hampir tiga kali lipat. Sebelum paceklik Harga ikan laut diketahui antara 10 ribu hingga 12 Ribu per kilo gramnya, namun saat musim tanngkapan sepi seperti ini, harga ikan mencapai 17 ribu hingga 20 ribu rupiah perkilo gramnya

Akibat sepinya hasil tangkapan ini, sebagian nelayan memilih untuk tidak melaut dan pasrah menunggu hingga musim ikan tiba, Sedangkan Untuk mengisi waktu selama tidak melaut, Sebagian  nelayan memilih mengisi waktunya untuk mengerjakan pekerjaan yang lainnya.

https://youtu.be/GbnrqG3kajQ