Beranda NEWS MOMENT Waspada…!!!! Seperti Inilah Ciri Ciri Penyakit Antraks & Cara...

Waspada…!!!! Seperti Inilah Ciri Ciri Penyakit Antraks & Cara Penularannya

1267
BERBAGI

TRENGGALEK – bioz.tv – Dugaan wabah  penyakit antraks pada hewan, yang terjadi dikabupaten trenggalek, membuat semua kalangan menjadi lebih waspada. Masyarakat juga diharapkan untuk lebih peka, dan memahami hewan yang sakit mendadak, dikhawatirkan hewan ternak tersebut telah terjangkit antraks.

Wabah Penyakit Antraks terjadi akibat bakteri Bacillus Anthracis, Penyakit antraks ini bisa membahaayakan hewan ternak, karena bakteri antraks dapat membentuk spora dalam tanah dan mampu bertahan hingga puluhban tahun. Bakteri antraks ini biasanya menyerang hewan ternak jenis herbivora seperti sapi, kerbau, kambing, ataupun domba

“Kasi Pencegahan, Pemberantasan Penyakit Hewan dan pelayanan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Dan Pangan”, Dokter Hewan Ririn Haristiani, Menerangkan, Ciri ciri hewan yang terjangkit antraks biasanya ditandai dengan kondisi kesehatan hewan yang ngedrop dan kejang kejang secara tiba tiba, Hewan tersebut gelisah, depresi, sesak nafas, terjadi pembengkakan pada leher, dada, isi perut, pinggang dan mengeluarkan  darah kehitaman encer dari kelamin dan lubang  tubuh lainnya, sementara itu hewan tersebut akan mengalami  kematiannya dalam jangka waktu 1 sampai 3 hari.

Beberapa langkah pencegahan dan pengendalian wabah antraks bisa dilakukan dengan cara vaksinasi, desinfeksi, pengawasan lalu lintas ternak,  dan pengobatan sejak dini apabila terjadi sakit dengan gejala mirip penyakitantraks.

https://youtu.be/XQ6PaiM9NQA