Tak Kunjung Dievakuasi, Longsor Jalur Kampak-Munjungan, Lahirkan Peluang Usaha Bagi Warga

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Tak kunjung ada proses evakuasi, timbunan material longsor yang menutup jalur utama Kampak-Munjungan akhirnya melahirkan lapangan kerja baru bagi warga sekitar, pasalnya, warga sekitar yang membantu warga lain yang akan melintas diatas timbunan longsor, akan mendapatkan imbalan jasa.

Sejumlah warga yang ada di sekitar kawasan lokasi longsor Desa Ngadimulyo Kecamatan Kampak, nekat membuat jalan alternativesepanjang 500 Meter diatas timbunan longsor, Jalan tersebut diperuntukkan bagi warga lain yang akan melintas dilokasi tersebut menggunakan motor. Sementara itu saat membantu warga lain untuk membawakan motor melintas diatas lokasi tersebut, mereka biasanya mendapatkan imbalan jasa antara 20.000 hingga 40.000 rupiah sekali jalan.

Salah satu warga Munjungan yang biasa membantu warga melintas dilokasi, Sucipto menerangkan, untuk jasa membantu melintas pihaknya tidak menarget, namun biasanya warga yang dibantu memberikan uang jasa seikhlasnya.

Dalam setengah hari saja sedikitnya sudah lebih dari 100 pengendara motor yang melintas dilokasi longsor Jalur utama Kampak-Munjungan ini, Meski saat melintas diselimuti rasa takut, namun meraka memilih nekat untuk tetap melintas karena tidak ada jalan lain yang lebih dekat. Sedangkan jika harus melintas melewati jalur alternative lain, harus memutar denfan jarak tembuh yang lebih jauh.