Jeritan Warga Trenggalek Korban Krisis Air Bersih, “Rela Jarang Mandi Demi Hemat Air

oleh
oleh

TRENGGALEK – bioz.tv – Demi memenuhi kebutuhan air bersih selama musim krisis air, Warga kecamatanDesa Pandean Kecamatan Dongko rela Tidak mandi dan mencuci di rumah. Sehingga mereka  harus berjalan kaki menyusuri sungai demi bisa mencuci dan memenuhi kebutuhan air dalam setiap harinya.

Jalan kaki Keluar masuk hutan demi bisa mendapatkan air bersih, dengan jarak yang cukup jauh merupakan salah satu rutinitas warga kecamatan dongko kabupaten Trenggalek dalam setiap harinya. Hal ini mereka lakukan tak lain hanya demi memenuhi kebutuhan air bersih bagi keluarga mereka. Pasalnya didaerahnya sendiri sedang dilanda kekeringan, sehingga sumur dan sumber air air di permukiman warga tidak lagi mengeluarkan air.

Salah seorang warga, Kasifah, menerangkan, kondisi kekeringan di desanya ini sudah terjadi sejak tiga bulan terakhir. Saat bantuan air bersih tidak dating, warga biasanya mengambil air bersih dari sungai dan sumber yang ada di dalam hutan, yang berjarak lebih dari  satu kilometer dari perkampungan.

Beruntung dalam beberapa hari terakhir warga mendapat bantuan kiriman air dari polsek dongko, sehingga kebutuhan airnya sedikit terbantu.  Meski demikian Air bantuan tersebut hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan memasak dan minum saja, sedangkan untuk mandi dan mencuci, warga tetap harus pergi ke sungai.

Visits: 1