Bencana Longsor di Trenggalek Gerus Jalan Poros Utama Munjungan-Panggul Nyaris Putus

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Hujan deras yang mengguyur wilayah Trenggalek pada Senin (19/2) sore mengakibatkan tanah longsor di Dusun Ngadi, Desa Ngulungkulon, Kecamatan Munjungan. Longsor tersebut menggerus Jalan Poros Utama yang menghubungkan Kecamatan Munjungan dan Panggul. Akibat kejadian ini badan jalan nyaris terputus.

Kepala BPBD Trenggalek, Triadi Atmono, mengatakan bahwa longsor terjadi sekitar pukul 17.00 WIB setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut selama kurang lebih 3 jam. Tebing yang menahan bahu jalan sepanjang 7 meter dan tinggi 5 meter runtuh akibat longsor tersebut.

“Saat ini kondisi jalan masih bisa digunakan sebagian, namun kami menghimbau kepada warga masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati saat melintasi jalan tersebut,” kata Triadi

Tiga pilar Kecamatan Munjungan telah memasang rambu-rambu di sekitar lokasi longsor untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. BPBD Trenggalek juga telah melakukan assessment dan memasang pagar bambu untuk mencegah terjadinya longsor susulan. MEski tidak ada korban jiwa, namun akibat bencana ini kerugian materi ditaksir mencapai sekitar 70 Jutaan rupiah.

BPBD Trenggalek menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem. Yakni terjadinya puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan lain sebagainya.  Selain itu, dampak cuaca buruk seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang juga harus lebih diwaspadai..

Sesuai prediksi BMKG, dalam kurun waktu sepekan ke depan sebagian besar wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua Barat, dan Papua berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. (CIA)